Gunakan Aqua Eye, Tim SAR Cari Korban Jatuh dari Kapal Mesin di Waduk Cirata

Minggu, 21 Agustus 2022 - 09:22 WIB
loading...
Gunakan Aqua Eye, Tim SAR Cari Korban Jatuh dari Kapal Mesin di Waduk Cirata
Tim SAR menggunakan aqua eye untuk mencari korban tenggelam di Waduk Cirata.Foto/ist
A A A
BANDUNG - Tim SAR gabungan melakukan pencarian menggunakan teknologi Aqua Eye terhadap Enang Rijal (24), warga Kampung Sukatani, RT 29/07, Desa Sindangsari, Kecamatan Ciranjang yang dilaporkan tenggelam di Waduk Cirata Kabupaten Cianjur sejak Sabtu malam.

Menurut Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril, Tim Rescue Basarnas Bandung setelah tiba di lokasi langsung melakukan asesmen dan koordinasi dengan tim di lapangan. Selanjutnya tim langsung melakukan pencarian terhadap korban. Tim melakukan upaya pencarian menggunakan UWSD (Underwater Search Device) dan Aqua Eye.

"Hingga pukul 17.49 WIB kemarin, hasil pencarian terhadap korban masih nihil. Tim juga melakukan upaya penyelaman dengan menurunkan dua personel," jelas dia.

Baca juga: MNC Peduli Terus Berkomitmen Meringankan Beban Masyarakat

Berdasarkan informasi dari Komandan Tim Rescue A Rafik, saat melakukan upaya pencarian menggunakan UWSD, terdeteksi kedalaman air mencapai 53 Meter. UWSD (Underwater Search Device) adalah sebuah alat yang dapat mendeteksi objek yang berada di air menggunakan pipa panjang yang dirangkai sehingga sonarnya bisa dimasukkan ke dalam air dan akan terbaca di layar monitor.

Penggunaanya bisa digunakan sambil menggunakan perahu atau kapal yang bisa bergerak, objek yang terdeteksi bisa ikan, kayu atau benda lainnya. Ketika terdeteksi objek yang diduga korban maka akan dilakukan penyelaman.

Sedangkan penggunaan aqua eye digunakan oleh personel dengan turun langsung ke permukaan air, aqua eye bisa dioperasionalkan dengan short range (jarak pendek), long range (jarak jauh) atau medium range (jarak menengah).

"Maksimal jaraknya 50 meter di kedalaman air sehingga tim dapat melakukan scanning untuk segera mengetahui ada atau tidaknya korban, " jelas dia

Rencananya, pencarian terhadap korban atas nama Enang Rijal (24) akan dilanjutkan dengan pemantauan visual, pagi ini. Unsur SAR yang terlibat antara lain Basarnas Bandung, Polair Polres Cianjur, Polsek Cikalong Kulon, Damkar Cianjur, Dishub Cianjur, BPBD Cianjur, BFRAD Cianjur, Retana Cikalong kulon, Retana Ciranjang, Scout Rescue, IEA Cianjur dan PBNU.

Dilaporkan, korban tenggelam di Waduk Cirata setelah terjatuh dari Kapal mesin di Waduk Cirata Blok Kebon Buah Desa Kamurang, Kec. Cikalong Kulon Kab. Cianjur pada Sabtu (20/08) sekitar pukul 12 malam. Kejadian bermula pada Jumat (19/08) sekitar pukul 23.30 WIB malam tadi saat korban menggunakan perahu mesin menuju bagan untuk mengambil ikan.

Namun sekitar jam 12 malam, salah seorang saksi atas nama Hasan mendengar teriakan korban dan kemudian berusaha menghampiri namun korban sudah tidak terlihat dan hanya ditemukan perahu mesinnya, diduga korban terpeleset dari perahu mesin dan tenggelam.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2444 seconds (0.1#10.140)