Presiden Jokowi Pastikan 7 PMA Investasi di Kawasan Industri Terpadu Batang

Selasa, 30 Juni 2020 - 16:29 WIB
loading...
Presiden Jokowi  Pastikan 7 PMA Investasi di Kawasan Industri Terpadu Batang
Presiden Jokowi didampingi para menteri dan Bupati Batang Wihaji tinjau Kawasan Insuatri Terpadu Batang di PTPN 9 Desa Kedawung Kecamatan Banyuputih, Selasa (30/6/2020). FOTO : Istimewa
A A A
BATANG -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan 7 Penanam Modal Asing (PMA) investasi di kawasan terpadu Batang yang berada di Desa Kedawung Kecamatan Banyuputih."Saya senang hari ini sudah ada yang masuk dan 17 Perusahaan memiliki komitmen besar hingga 60 persen," kata Joko Widodo, saat meninjau Kawasan Industri Batang, Selasa (30/6/2020).

Ia pun meminta para Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPN) untuk terus dikejar perusahaan asing seperti China, Korea, Taiwan, Jepang dan Amerika yang akan mereolokasi perusahaanya ke Indonesia.

Bagi perusahaan asing yang belum memili lahan tanah, bisa menggunakan tanah kawasan industri terpadu Batang."Kita sudah siapkan lahan 4.000 hektar di kawasan terpadu industri Batang tahap pertama disiapkan 450 hektar. Bagi perusahaan LG besok mau pindah silahkan masuk di Batang, perizinan diurus BKPN, gubernur dan bupati," pintanya.

Menurutnya, dibukanya kawasan industri terpadu di Batang untuk membuka lapangan pekerjaan sebanyak banyaknya bagi warga Indonesia."Kita tdak boleh kalah dengan negara lain, kita harus memberikan fasilitas dibutuhkan mereka, kalau negara lain memberikan harga tanah Rp1juta, kita harus dibawahnya yakni Rp500.000, kalau mereka izin satu bulan kita satu minggu selesai,"pungkasnya.

Sementara, Bupati Batang Wihaji menjelaskan, Pemkab telah menyiapkan tiga kawasan industri yang memiliki keunggulan dari segi energi listrik, tenaga kerja yang kompetitif dan akses jalan penghubung nasional jalan diantaranya jalan pantura dan jalan tol, sumber air, dan yang jelas sangat pro investasi dibidang perijinan."Pemkab sudah siapkan tiga kawasan industri yang sama - sama strategis, yaitu kawasan industri Kenconorejo Tulis, Sawangan Gringsing dan Banaran Banyuputih," ujar Wihaji.

Bupati menjelaskan, lokasi kawasan industri terpadu Batang masuk kawasan PTPN 9 yang tidak perlu pembebasan tanah, sehingga investor yang datang di Batang sangat menguntungkan."Investor yang datang di Batang seperti datang bawa KTP, pulang bawa motor artinya sangat mudah tidak ribet dan menguntungkan," pungkasnya.

(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)