Viral Kucing Mati Ditembak di Area Sesko TNI Bandung, Pelaku Anggota Berpangkat Brigjen

Kamis, 18 Agustus 2022 - 15:15 WIB
loading...
Viral Kucing Mati Ditembak di Area Sesko TNI Bandung, Pelaku Anggota Berpangkat Brigjen
Kabar sejumlah kucing ditemukan tewas dan luka akibat ditembak di area Sesko TNI Bandung viral di medsos. Foto/Ilustrasi/Dok
A A A
BANDUNG - Media sosial digegerkan kabar penemuan sejumlah kucing mati dengan kondisi mengenskan di area Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia atau Sesko TNI Bandung.



Kabar yang beredar luas hingga viral tersebut pertama kali diunggah oleh akun Instagram @rumahsinggahclow. Dalam video yang diunggah, terlihat dua kucing tergeletak dengan beberapa luka di bagian leher.

"Kucing-kucing banyak mati ditembak, terjadi di Sesko TNI Martanegara, Bandung," tulis @rumahsinggahclow dikutip, Kamis (18/8/2022).

Masih menurut keterangan akun Instagram tersebut, selain banyak yang mati, masih ada kucing yang bisa diselamatkan meski dengan kondisi yang juga mengenaskan akibat luka tembak.

"Tiga kucing kondisi hamil, dan dua kucing masih hidup dengan bagian mata hancur, kepada siapa kami harus mengadu?," katanya.

Unggahan video viral ini langsung menuai respons warganet. Mereka pun turut mencolek beberapa pejabat yang berkaitan dengan kasus ini, seperti Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Panglima TNI, Andika Perkasa.

Melalui kolom komentar, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil turut memberikan respon. Dia mengatakan akan mencoba menelusuri kasus ini. "Saya telusuri dulu ya min. Makasih informasinya," kata pemilik akun Instagram @ridwankamil itu.

Menanggapi viralnya kabar tersebut, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Prantara Santosa pun angkat bicara. Dalam keterangan tertulisnya, Kapuspen TNI mengungkapkan bahwa pelaku adalah anggota organik Sesko TNI berpangkat Brigjen TNI dengan inisial NA.

Menurut dia, kasus ini mendapat atensi dari Panglima TNI, Andika Prakasa yang meminta jajarannya segera melakukan penyelidikan dan pengungkapan.

"Tadi malam Komandan Sesko TNI dan Tim Hukum TNI membenarkan bahwa Brigjen TNI NA (anggota organik Sesko TNI) telah menembak beberapa ekor kucing dengan menggunakan senapan angin milik pribadi pada Selasa siang kemarin sekitar jam 13.00 WIB," ujar Kapuspen TNI.

Kapuspen TNI juga menyatakan, NA mengakui perbuatannya dengan alasan penembakan kucing dilakukan untuk menjaga kebersihan dan lingkungan Sesko TNI, termasuk tempat makan siswa.

Kapuspen TNI juga menyatakan, NA berkilah bahwa perbuatan itu bukan karena kebenciannya terhadap kucing. Meski begitu, Kapuspen TNI menegaskan, NA akan menjalani proses hukum.

"Tim Hukum TNI akan menindak lanjuti proses hukum Brigjen TNI NA, khususnya menyangkut Pasal 66 UU nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Pasal 66A, Pasal 91B UU nomor 41 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang Undang nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan," katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)