Diganggu Penembakan KKB, Upacara HUT RI di Intan Jaya Berlangsung Khidmat

Rabu, 17 Agustus 2022 - 19:17 WIB
loading...
Diganggu Penembakan KKB, Upacara HUT RI di Intan Jaya Berlangsung Khidmat
Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni dan pejabat lainnya usai melaksanakan upacara HUT ke-77 RI. (Ist)
A A A
INTAN JAYA - Pelaksanaan upacara HUT ke-77 RI di Kabupaten Intan Jaya, Papua di Lapangan Sugapa tetap berlangsung khidmat meski diwarnai gangguan aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Rabu (17/8/2022). Berkat kekompakan warga bersama TNI-Polri, situasi keamanan berhasil dikendalikan.

"Tadi memang ada kejadian kontak tembak antara KKB dengan TNI-Polri tapi karena kesolidan TNI-Polri dan sinergitas yang baik dengan masyarakat dan Pemda, situasi sudah diatasi dengan baik. Saat ini keamanan di Sugapa, Intan Jaya kondusif," kata Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni dalam keterangannya, Rabu (17/8/2022).

Menurut Natalis, sebelumnya juga terjadi aksi pembakaran rumah kosong oleh KKB yang juga sudah bisa diatasi dengan baik oleh aparat keamanan. "Kita bersyukur bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kemarin dan tadi pagi. Situasi dikendalikan dengan cepat dan aparat mampu siaga. Dengan demikian upacara bendera HUT ke-77 RI pun dapat kami laksanakan dengan khidmat," katanya.

Natalis mengatakan, sebagai momentum terakhir dia memimpin HUT RI di Kabupaten Intan Jaya karena masa kepimpinannya segera berakhir, dia mengajak masyarakat untuk ikut mendukung upaya yang selama ini dilakukan pemerintah dalam rangka pembangunan di daerah.

"Termasuk saya meminta masyarakat agar mendukung kebijakan Otonomi Khusus sebagai salah satu strategi pembangunan Papua. Jangan dipolitisir, tetapi beri dukungan penuh, sehingga program pemerintah bisa berjalan baik dan sukses," katanya.

Baca: Ibunda Brigadir J Menangis Histeris di Atas Pusara Anaknya saat Rayakan HUT ke-77 RI.

Dia berharap agar masyarakat tetap kompak bersama TNI-Polri serta bersatu untuk menghindari konflik horizontal yang selama ini banyak terjadi di Intan Jaya.

"Artinya konflik itu jadi catatan bersama untuk segera diakhiri. Jangan lagi ada perpecahan, perseteruan. Pupuklah persatuan, perdamaian, dan persaudaraan. Kita tidak ingin konflik akan terus kita warisi kepada anak cucu kita. Kita fokus untuk pembangunan Intan Jaya ke depannya," kata Bupati Intan Jaya dua periode tersebut.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)