Meriahkan HUT Kemerdekaan, Ratusan Warga Pawai Obor Keliling Sungguminasa

Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:02 WIB
loading...
Meriahkan HUT Kemerdekaan, Ratusan Warga Pawai Obor Keliling Sungguminasa
Pawai Obor keliling menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
GOWA - Ratusan warga dari berbagai unsur mengikuti upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan Pawai Obor menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sambil menyanyikan sejumlah lagu kebangsaan, rombongan pawai obor berjalan kaki mengelilingi Jalan Masjid Raya, Jalan Basoi dg Bunga, Jalan Andi Tonro, Jalan Agus Salim dan kembali ke halaman Kantor Bupati Gowa sekaligus menutup upacara penetapan waktu (Taptu).

Upacara Taptu yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gowa dipimpin langsung Dandim Gowa, Letkol Inf Muh Isnaeni Natsir.



Dalam upacara tersebut juga hadir Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni, Jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina serta para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa .

Letkol Inf Muh Isnaeni mengatakan, perayaan yang telah menjadi tradisi ini untuk mengajak seluruh masyarakat dalam mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa kepada bangsa dan negara.

"Jadi kegiatan ini untuk mengembalikan ingatan generasi muda agar menjiwai dan memaknai bahwasanya perjuangan ataupun pengorbanan yang dilakukan oleh para pendahulu kita. Sehingga bisa menginspirasi mereka untuk berbuat yang lebih baik lagi demi bangsa dan negara," katanya, Selasa (16/8/2022) malam.

Menurutnya, upacara Taptu yang dirangkaikan dengan pawai obor terkandung makna yang mendalam. Dimana api disimbolkan sebagai lambang semangat yang menyala sementara rombongan (pawai) yang berjalan di sepanjang kota menandakan mereka menginformasikan dan menyebarkan semangat yang menyala kepada masyarakat sekitarnya.

“Kita berharap akan terbangun semangat yang menyala dalam diri masyarakat untuk mempertahankan Kemerdekaan RI dengan seluas mungkin. Semangat dalam hati ini harus bisa kita bangun dan dikobarkan kepada orang-orang disekitar kita. Termasuk mengenang bagaimana perjuangan para pejuang dalam merebut Kemerdekaan RI,” ungkapnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)