HUT Ke-77 RI, Merah Putih Berkibar di 3 Pulau Terluar Anambas

Rabu, 17 Agustus 2022 - 12:24 WIB
loading...
HUT Ke-77 RI, Merah Putih Berkibar di 3 Pulau Terluar Anambas
Pengibaran bendeda merah putih di tiga pulau terluar Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.
A A A
BATAM - Sang saka Merah Putih berkibar di tiga pulau terluar Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. Ketiga pulau tersebut terletak di Laut Natuna yang berbatasan dengan Malaysia.

Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Syafrudin Semidang Sakti mengatakan, pengibaran bendera merah putih ini untuk menjaga pulau-pulau terluar dan sebagai bentuk kedaulatan negara. Polres Kepulauan Anambas terus menjaga dan mengamankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Tahanan Polisi Gelar Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan dalam Penjara

"Kita pada peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun, kita melaksanakan pengibaran bendera merah putih di pulau-pulau terluar yang berada wilayah hukum Polres Kepulauan Anambas," ujar AKBP Syafrudin Semidang Sakti, Rabu (17/08/2022).

Para personel Polres Kabupaten Kepulauan Anambas bertolak dari Pelabuhan Tanjung Momong menuju Pulau Tokong Nanas dengan penuh perjuangan. Pasalnya, pulau ini terletak di Laut Natuna dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Personil Polres Kepulauan Anambas harus menggunakan kapal dan pindah ke perahu karet untuk menginjakkan kaki di pulau tak berpenghuni ini. Selain itu polisi juga harus melewati rintangan dan berenang menuju pulau.

Ombak Pulau Tokong Nanas yang kuat tidak menyurutkan semangat seluruh anggota Polres Kepulauan Anambas. Mereka terus berjuang agar bendera Merah Putih berkibar di pulau terluar NKRI.

"Ada tiga lokasi hari ini kita laksanakan pengibaran bendera merah putih, salah satunya Pulau Tokong Nanas yang masuk wilayah Polsek Siantan. Polsek Palmatak melaksanakan juga di Pulau Tokong Telaga Biru, dan Polsek Jemaja di daerah Pulau Tokong Belayar," katanya.

Pengibaran sang saka merah putih dilakukan di tiga pulau terluar. Ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa para pahlawan, sambungnya.

Polres Kepulauan Anambas secara rutin melakukan pengawasan terhadap pulau-pulau terluar yang tidak berpenghuni. Selama operasi pengawasan tidak ditemukan gangguan keamanan dan ketertiban di perairan yang berbatasan dengan laut China Selatan dan Malaysia.

"Selain melaksanakan patroli laut di wilayah hukum Polres Kepulauan Anambas, di sini sudah disiapkan lokasi bendera merah putih dan sudah lama jadi kita perbaharui. Jadi menunjukkan bagian dari NKRI," paparnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)