Bawaslu Gowa Diharap Mampu Terus Kawal Proses Pemilu dengan Damai

Selasa, 16 Agustus 2022 - 11:07 WIB
loading...
Bawaslu Gowa Diharap Mampu Terus Kawal Proses Pemilu dengan Damai
Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan, saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 Bawaslu Gowa di Kantor Bawaslu setempat, Senin (15/08) kemarin. Foto/Istimewa
A A A
GOWA - Kehadiran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gowa diharapkan dapat terus menciptakan proses pemilihan umum (Pemilu), termasuk Pilkada yang aman dan damai melalui pengawasan yang baik.

Hal ini diungkapkan Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan, saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 Bawaslu Gowa di Kantor Bawaslu setempat, Senin (15/08) kemarin. Pada kesempatan tersebut, Bupati Adnan didampingi langsung Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni.



Bupati Adnan mengatakan, walaupun baru berusia 4 tahun, namun Bawaslu Gowa mampu memberikan prestasi yang baik. Hal ini terlihat dari pemilihan sebelumnya dimana Kabupaten Gowa mampu keluar dari zona merah ke zona hijau. Tentu ini berkat kerjasama dari semua pihak, salah satunya Bawaslu Kabupaten Gowa.

“Saya yakin dan percaya prestasi Bawaslu Kabupaten Gowa pasti banyak meski baru empat tahun. Mudah - mudahan seluruh prestasi yang dicapai bisa dipertahankan, makin ditingkatkan di masa yang akan datang dan mudah-mudahan ke depannya yang menjadi kekurangan untuk introspeksi lalu diperbaiki,” ujar Bupati Adnan .

Lanjut Bupati Adnan, pada 2024 nanti akan ada pemilihan serentak yang merupakan sejarah baru dalam sebuah sistem perpolitikan di Indonesia, karena seluruh pemilihan diadakan secara bersama. Bupati Adnan berharap pemilihan serentak ini bisa berjalan dengan sukses seperti Pilkada Gowa 2020 lalu.

“Kapan pun pemilihan dilaksanakan baik pilpres, atau pilkada Bawaslu sebagai penyelenggara harus siap. Dalam sebuah teori perencanaan, kesuksesan bisa diraih kalau perencanaan cukup baik. Kalau perencanaan bagus, matang maka 60 persen kesuksesan berada didalam genggaman,” ungkapnya.

Sementara untuk mendukung kerja-kerja Bawaslu Gowa, Bupati Adnan menyebutkan Pemkab Gowa telah menganggarkan untuk pembangunan kantor permanen Bawaslu Gowa . Nantinya Kantor Bawaslu Gowa akan dibangun berdampingan dengan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa.

“Kita akan bangun nanti kantor permanen 2 lantai. Tahun ini sudah dianggarkan untuk tahap awal, tahun depan penyelesaiannya. Dalam waktu dekat peletakan batu pertama secara bersama-sama. Ini merupakan sebuah langkah untuk Bawaslu Kabupaten Gowa lebih baik dan maju,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Gowa , Samsuar Saleh, mengatakan bahwa Bawaslu Gowa sebelumnya bernama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan bersifat Ad hoc (sementara). Setelah ada Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 seluruh komisioner Bawaslu dilantik dan Bawaslu Kabupaten Gowa bersifat tetap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4318 seconds (0.1#10.140)