Viral Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet, MUI Jatim Angkat Bicara

Kamis, 11 Agustus 2022 - 20:10 WIB
loading...
Viral Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet, MUI Jatim Angkat Bicara
Ketua Komisi Fatwa MUI Jatim, KH Makruf Khozin angkat bicara terkait Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet viral akhir-akhir ini di semua kalangan. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Lagu 'Joko Tingkir Ngombe Dawet' viral akhir-akhir ini di semua kalangan. Tidak hanya kalangan dewasa tetapi sekarang anak kecil pun juga sangat familiar dan menikmati lagu tersebut.

Lagu dengan lirik berbahasa Jawa tersebut kerap jadi backsound untuk video-video di TikTok hingga Instagram.

Baca juga: Kisah Akhir Hidup Jaka Tingkir Perang dengan Anak Angkatnya Sutawijaya

Lantunan musik yang bersemangat dengan lirik lagu yang mirip pantun membuat lagu ini cepat mendapat popularitas.

Sejumlah biduan dangdut pun turut melakukan cover terhadap Joko Tingkir Ngombe Dawet. Seperti Denny Caknan, Yeni Inka, Farel Prayoga, hingga Happy Asmara.

Terkait viralnya lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet ini, Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim, KH Makruf Khozin turut angkat bicara.

Dia menyebut, hal yang wajar ketika para ulama memprotes soal lirik Joko Tingkir.

Baca juga: Kisah Jaka Tingkir Menaklukan Puluhan Buaya saat Menuju Demak

"Sosok Joko Tingkir merupakan ulama dari tanah Jawa. Saya menyarankan pencipta lagu untuk mengalah dan mencari sajak alternatif lain. Cari padanan kata yang tidak harus Joko Tingkir," katanya, Kamis (11/8/2022).



Dia berharap, dengan kejadian ini, bisa menjadi pelajaran bagi banyak seniman untuk mempertimbangkan sajak khususnya yang menyangkut nama orang.

"Orang-orang selama ini menganggap Joko Tingkir di film dan memegang pedang. Tapi lebih dari itu, Joko Tingkir sosok seorang ulama. Jadi tetap kemuliaan ya dijaga," ujarnya.
(shf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1843 seconds (11.252#12.26)