Kebijakan Jokowi Percepat Pengembangan SDM Unggul

Kamis, 11 Agustus 2022 - 12:11 WIB
loading...
Kebijakan Jokowi Percepat Pengembangan SDM Unggul
Presiden Joko Widodo dinilai memiliki banyak gagasan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang kreatif dan produktif. (Ist)
A A A
MANADO - Presiden Joko Widodo dinilai memiliki banyak gagasan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang kreatif dan produktif. Berbagai program unggulan berhasil dijalankan pemerintah untuk mencapai misi tersebut.

Salah satu program Presiden Jokowi untuk menggali potensi generasi muda yakni melalui Kartu Pra Kerja. Program tersebut dapat menjadi solusi konkret dalam menuntaskan persoalan pengangguran.

Wakil Rektor (Warek) III Universitas Sam Ratulangi, Tuerah August Musa Ronny Gosal, mengatakan Kartu Pra Kerja merupakan program yang sangat tepat karena memberi kompetensi kerja mumpuni bagi masyarakat. Ini sekaligus jawaban dari persoalan yang sudah dihadapi Indonesia sejak lama.

Menurutnya program Kartu Pra Kerja sengaja digagas Jokowi untuk mengurai persoalan yang menyangkut lapangan kerja. Melalui program ini, kreatifitas anak bangsa dalam berkarya akan tergali optimal.

"Iya, program ini sangat baik karena (mengurai) bagaimana menanggulangi permasalahan-permasalahan pengangguran", ujar Tuerah di Universitas Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara.

Baca: Misterius! Rumah Terkunci Rapat, Keluarga Tak Tahu Keberadaan Orang Tua Bharada E.

Lebih jauh Tuerah menjelaskan bahwa kehadiran program Kartu Pra Kerja sekaligus menjadi bukti nyata dari upaya negara dalam meningkatkan kualitas SDM Tanah Air. Hingga nantinya dapat memiliki kompetensi diri mumpuni.

ā€œKompetensi yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang ingin dituju. Sehingga dalam bekerja nanti, masyarakat dapat mengerjakan dengan optimal setiap tugas yang diberikan,ā€ ujar Tuerah.

"Tidak mungkin dia sarjana hukum tapi menangani berbagai proyek fisik dan infrastruktur. Pastikan itu tempatnya sarjana teknik," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)