Jember Fashion Carnaval Diusulkan Masuk Kalender Wisata Internasional

Senin, 08 Agustus 2022 - 17:50 WIB
loading...
Jember Fashion Carnaval Diusulkan Masuk Kalender Wisata Internasional
Jember Fashion Carnaval diusulkan masuk dalam kalender event internasional.Foto/dok
A A A
JEMBER - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa minta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bisa memasukkan Jember Fashion Carnaval (JFC) dalam kalender event internasional.

"JFC ini akan menjadi energi kreatif, inovatif dan produktif yang telah terlahir dari Bumi Jember. Selain itu, JFC akan memberikan resonansi fashion pertunjukan kelas dunia dari Indonesia. Gelaran JFC ini saya yakin dapat memberikan resonansi bagi fashion dan pertunjukan kelas dunia dari Indonesia kepada dunia," kata Khofifah usai menyaksikan JFC 2022, Senin (8/8/2022).

Khofifah berharap, JFC 2022 bisa menjadi inspirasi, inovasi dan kreatifitas dari para designer tanah air maupun dunia untuk terus melahirkan busana-busana maupun fashion yang menarik. Sebelumnya, JFC dua tahun digelar secara hybrid karena pandemi Covid-19. "Saya meminta kepada Menteri Parekraf yang hadir agar tahun depan bisa di daftarkan dalam katalog agenda internasional," ujarnya.

Baca juga: Parade Busana World Kids Carnival di Jember

Khofifah mengakui, daya tarik JFC dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat dan pelaku UMKM sangat besar. Selama kegiatan JFC berlangsung okupansi hotel mencapai 90 persen bahkan 100 persen. Selain itu, transportasi lokal, ojek online, penjual makanan dan minuman juga laris.

"Kesemuanya itu mendapatkan manfaat dari diselenggarakan JFC mulai dari sektor pariwisata, budaya, pelaku UMKM dan sektor ekonomi di Jember dapat terungkit karena kegiatan JFC. Event ini bukan sekadar brand event melainkan brand dari Jember sekaligus brand Indonesia sebagai trend setter fashion dan karnaval kelas dunia," tegasnya.

Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno juga menyatakan, sudah sepatutnya gelaran JFC masuk ke dalam kalender pariwisata Internasional. Pasalnya, JFC yang telah diselenggarakan selama 20 tahun, dan telah menjelma menjadi karisma even nusantara.

"PR nya adalah kita akan mengangkat JFC bukan hanya sebagai even nasional tapi masuk ke dalam Internasional Calendar of Event ," tuturnya.

Di sisi lain, Sandiaga Uno juga menyebut bahwa kemajuan sektor pariwisawa di Indonesia telah berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi bangsa di tahun 2022. Sektor pariwisata memiliki sisi entrepreneurship yang diyakini bisa terus dikembangkan. "Di JFC saya melihat potensi entrepreneurship. JFC telah menjadi ikon dimana Leadership bisa membawa even daerah, nasional dan internasional," terang Sandi.

Bupati Jember Hendy Siswanto menambahkan, JFC tahun 2022 dengan tema The Legacy ini banyak menghadirkan karya karya spektakuler. Terbukti, banyak ekonomi kerakyatan yang terbantu sekaligus bisa bermanfaat bagi perekonomian Jember. "Dalam waktu dekat kami akan membuat Museum JFC yang bisa dinikmati masyarakat sebagai event budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia," tutupnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1449 seconds (10.177#12.26)