Pj Gubernur Akmal Malik Berkunjung ke Belgia, Bertemu Calon Investor Sulbar

Minggu, 07 Agustus 2022 - 09:05 WIB
loading...
Pj Gubernur Akmal Malik Berkunjung ke Belgia, Bertemu Calon Investor Sulbar
Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik bertemu dengan sejumlah lembaga luar negeri yang berpotensi melakukan investasi di wilayah Sulbar. Foto/Istimewa
A A A
BELGIA - Pj Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik bertemu dengan sejumlah lembaga luar negeri yang berpotensi melakukan investasi di wilayah Sulbar . Pertemuan itu berlangsung di Hotel Hilton Antwerp, Belgia, Jumat (5/8/2022).

Pertemuan dengan lembaga luar negeri ini merupakan bagian dari lawatan Pj Gubernur Sulbar ke Belgia. Pertemuan tersebut antara lain dengan perwakilan Islamic International Bank, Mr Reza.

Kemudian Akmal Malik bertemu dengan Guy Vandendungen selaku CEO Pulsar Power, Johny Browaeys dari European Chamber serta dua orang yakni Dirk D’herde dan Coen Van Den Wijngart merupakan para expert Green Energy Eropa dan expert Wilayah Kepulauan.



Akmal Malik menjelaskan, pertemuan tersebut membahas tentang pentingnya kolaborasi dalam pembangunan ekonomi, khususnya terkait kebijakan yang mengedepankan keberlanjutan ekologi, memaksimalkan energi terbarukan dengan mendorong partisipasi masyarakat.

“Kami juga membahas tentang potensi di Sulawesi Barat yang bisa dikembangkan. Potensi investasi yang bisa dibiayai,” terang Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) ini.

Dia menerangkan, Islamic International Bank sudah berpengalaman mendanai berbagai program pembangunan berbasis ecology sustainability dan siap bekerjasama dengan para experties Eropa yang berpusat di Brussel dan Amsterdam untuk mendanai program pelestarian terumbu karang di Sulbar.

“Islamic International Bank siap membiayai program pelestarian terumbu karang. Selanjutnya semua pihak akan mempelajari desain program yang akan segera disiapkan bersama bulan depan di Singapura,” ujar Akmal.

Di sisi lain, pada kunjungannya ke Belgia, Akmal Malik mendapat tawaran dari European Chamber bersama Pulsar Power terkait kerjasama pembiayaan pelestarian lingkungan, baik berupa agroindustri maupun pelestarian maritim dan terumbu karang.

Pelestarian lingkungan itu nantinya menggunakan fasilitas pulsar token sebagai media pembayaran langsung kepada masyarakat yang berkontribusi secara nyata terhadap pelestarian lingkungan.

"Model kerjasama ini sudah sukses dilaksanakan pada program agrobisnis di Philipina. Hal ini bisa kita tindak lanjuti juga lebih serius untuk Sulbar," ujar Akmal Malik.



Pj Gubernur Akmal Malik menyatakan, para experties green energy dan kepulauan yang ditemui menyampaikan pentingnya pelestarian terumbu karang di negara-negara kepulauan, karena akan berkontribusi besar terhadap lingkungan dunia.

“Pertemuan ini akan segera ditindaklanjuti bersama dengan membentuk tim project yang melibatkan perwakilan Islamic International Bank dan para experties yang terdiri dari perwakilan beberapa negara Eropa,” jelasnya.

Akmal berharap, akan segera terbentuk tim pendahulu yang akan meninjau lokasi program percontohan di Sulbar. “Kami akan menunggu waktu tim project yang akan diinformasikan dalam waktu tidak terlalu lama melakukan peninjauan dan selanjutnya menjalankan program strategis ini,” terang Akmal.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)