Maestro Lagu Legendaris Minang Syahrul Tarun Yusuf Meninggal Dunia

Senin, 29 Juni 2020 - 14:40 WIB
loading...
Maestro Lagu Legendaris Minang Syahrul Tarun Yusuf Meninggal Dunia
Kabar duka, maestro musik Minang Syahrul Tarun Yusuf di Kabupaten Agam, Sumatera Barat meninggal dunia pada Senin (29/6/2020) pagi. (Foto/Inews TV/Wahyu Sikumbang)
A A A
AGAM - Kabar duka, maestro musik Minang Syahrul Tarun Yusuf di Kabupaten Agam, Sumatera Barat meninggal dunia pada Senin (29/6/2020) pagi.

Sejak 1960, almarhum telah menciptakan hingga 400 lagu. Di antaranya menjadi lagu Minang legenda sepanjang masa. (BACA JUGA: Lagi, Mobil Warga di Denpasar Dibakar OTK)

Rumah duka di Nagari Balingka, Kecamatan Ampek Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat sepanjang hari ini dipadati pelayat.

Dari keterangan keluarga, almarhum yang akrab disapa Satayu meninggal dunia sekitar pukul 05.45 WIB dalam usia 78 tahun.

Anak keenam almarhum, Eko mengatakan bapaknya meninggal di rumahnya karena usia tua dan memang sudah sakit-sakitan.

“Beliau dulu pernah jadi kepala desa dan mundur dari jabatan karena ingin fokus berkarya. Lagu beliau banyak tercipta dari yang dirasakan dalam keseharian seperti lagi berjudul ‘Anak Sarugo' tercipta setelah cucunya meninggal dunia. Bapak meninggal tadi jam 6 pagi. Beliau memang sakit karena sudah tua tapi tidak ada penyakit sampai dirawat di rumah sakit. Nanti dimakamkan di pemakaman keluarga di Jorong Subarang,” katanya. (BACA JUGA: Demo Tolak TKA asal China, Kantor Imigrasi Kendari Dilempari Sampah)

Satayu adalah pencipta lagu terkenal. Lagunya bahkan lebih dikenal ketimbang sosoknya.
Lagu ciptaan almarhum semasa hidup seperti Gasiang Tangkurak, Kasiah Tak Sampai, serta Bapisah Bukannyo Bacarai menjadi hit bagi penggemar musik Minang.

Karya-karyanya banyak dibawakan dan membesarkan penyanyi-penyanyi Minang seperti Elly Kasim, Tiar Ramon, Yan Bastian, Lily Syarif, Nurseha. Jenazah almarhum dimakamkan di pemakaman keluarga Senin siang.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)