Terpikat Kerajinan Desa Budo, Sandiaga Uno Beli Topi Anyaman untuk Ridwan Kamil

Sabtu, 30 Juli 2022 - 15:25 WIB
loading...
Terpikat Kerajinan Desa Budo, Sandiaga Uno Beli Topi Anyaman untuk Ridwan Kamil
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyempatkan diri membeli topi untuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MINAHASA UTARA - Kerajinan yang dikembangkan masyarakat di Desa Wisata Budo, memikat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Bahkan, dia membeli topi anyaman untuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.



Sandiaga Uno sengaja hadir dan mengunjungi desa wisata di Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara tersebut, untuk mendorong kemajuan pariwisata. Desa Wisata Budo juga masuk dalam nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.



Saat mengunjungi salah satu tempat yang menjual kerajinan tangan dari anyaman bambu, Sandiaga Uno singgah dan mencoba salah satu topi yang di jual oleh pengrajin. "Topinya kita beli buat Pak Ridwan Kamil kayaknya cocok. Kita belikan oleh-oleh untuk Pak Ridwan Kamil, beliau suka pakai ini," ujar Sandiaga Uno, Sabtu (30/7/2022).



Topi tersebut kemudian dibeli dengan harga Rp150 ribu. Sambil mencobanya dia kemudian berharap agar topi itu bisa dipakai oleh Ridwan Kamil. "Kita belikan oleh-oleh dari Desa Budo, mudah-mudahan bisa dipakai nanti," kata Sandiaga Uno

Desa Wisata Budo masuk ke dalam 50 besar desa terbaik ADWI 2022 yang akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis Kemenparekraf selama satu tahun ke depan.



Seperti halnya desa wisata yang lain, destinasi wisata di desa itu telah memenuhi standar penilaian tim juri ADWI 2022 yang terdiri dari tujuh kategori. Yakni memiliki daya tarik pengunjung baik alam dan buatan, maupun seni dan budaya.

Selain itu memiliki suvenir khas baik itu kuliner, fesyen, dan kriya. Desa wisata itu juga harus memiliki homestay, toilet umum, digital dan kreatif, Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE), serta kelembagaan desa.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)