Ratusan Umat Muslim di Indramayu Pawai Keliling Rayakan Tahun Baru Islam

Sabtu, 30 Juli 2022 - 05:20 WIB
loading...
Ratusan Umat Muslim di Indramayu Pawai Keliling Rayakan Tahun Baru Islam
Ratusan umat muslim di Indramayu pawai keliling rayakan tahun baru Islam.Foto/Andrian S
A A A
INDRAMAYU - Ratusan umat muslim di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, antusias mengikuti pawai keliling. Pawai ini dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah.

Pantauan MNC Portal Indonesia (MPI) di lokasi, ratusan peserta yang terdiri dari kalangan remaja hingga dewasa itu sangat antusias mengikuti kegiatan pawai. Dengan mengendarai sepeda motor, mereka mengelilingi pusat kota Indramayu sembari membawa umbul-umbul dan bendera bertuliskan arab dengan diiringi musik islami sambil mengumandangkan takbir.

Salah satu peserta sekaligus tokoh agama setempat, Habib Yusuf mengatakan, selain menggelar pawai keliling, acara peringatan tahun baru Islam juga diisi dengan kegiatan tahlil, doa bersama, dan juga ziarah ke makam Al Habib Muhammad Bin Abdurrahman Assegaf di wilayah Kecamatan Sindang, Indramayu.

Baca juga: Dobrak Kamar Kos, Satpol PP Dapati Pasangan Tak Berbaju Bercucuran Keringat

"Acara ini dalam rangka memperingati 1 Muharram. Tujuannya adalah untuk mengingat kembali, bahwa Islam juga punya bulan dan Islam juga punya hari khusus yang istimewa, yaitu 1 Muharam ini," kata Habib

Habib Yusuf menyampaikan, dalam pelaksanaannya, kegiatan pawai keliling ini diisi dengan orasi-orasi dan nasehat-nasehat agama di sepanjang jalan, hingga sampai di titik finis yang berlokasi di Masjid Agung Indramayu. B

"Setelah sampai di titik finis, kegiatan kita isi dengan doa-doa dan tausiyah sebentar, juga pembacaan maulid. Setelah itu selesai, dan kita kembali bubar," ujar Habib.

Habib Yusuf menambahkan, semua umat Islam tanpa memandang suatu organisasi apapun dapat diperbolehkan bergabung dalam kegiatan tersebut.

"Semua yang beragama Islam, organisasi apapun, majelis apapun, boleh bergabung dalam kegiatan ini," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)