Di Musda PPMI-KSPSI Jatim, Yorrys Raweyai Ingatkan Organisasi Buruh Adaptif dan Inovatif

Kamis, 28 Juli 2022 - 19:41 WIB
loading...
Di Musda PPMI-KSPSI Jatim, Yorrys Raweyai Ingatkan Organisasi Buruh Adaptif dan Inovatif
Ketua Umum KSPSI Yorrys Raweyai. (Ist)
A A A
SURABAYA - Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Yorrys Raweyai mengingatkan agar elemen buruh di seluruh Indonesia harus adaptif, inovatif, dan konstruktif menyesuikan perkembangan dan dinamika zaman. Gerakan buruh perlu menerjemahkan spirit Bina Lindung Sejahtera melalui berbagai program kerja berbasis perkembangan teknologi digital.

"Gerakan buruh perlu adaptif dan inovatif. Itu sudah keharusan zaman. Kerja kolaboratif dengan pemerintah dan stake holder terkait itu juga bagian dari inti gerakan buruh saat ini," kata Yorrys dalam sambutan yang dibacakan saat Musyawarah Daerah VI Pengurus Daerah PPMI KSPSI Jawa Timur, Kamis (28/7/2022).

Yorrys mengingatkan agar gerakan buruh jangan sampai ditunggangi kepentingan politik jangka pendek apalagi menjelang tahun politik Pemilu 2024. "Jika mau mengeritik maka jadilah bagian pengeritik yang konstruktif bukan destruktif atau merusak. Jangan juga terjebak pada urusan politik jangka pendek. Jaga organisasi ini jadi makin berwibawa dan makin dipercaya masyarakat," ujarnyaya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Percetakan dan Penerbitan dan Media Informasi Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PP FSP PPMI-KSPSI) Arnod Sihite menambahkan, elemen buruh di Indonesia harus terlibat aktif dalam agenda besar transformasi ekonomi nasional. Buruh diharapkan mampu memberi kontribusi positif pada bangsa dan negara yang hasilnya makin meningkatkan daya saing buruh dalam rangka peningkatan kesejahteraan.

"Hal yang saat ini tidak bisa ditawar-tawar lagi adalah perlunya elemen buruh terlibat aktif dalam agenda besar nasional yaitu transformasi ekonomi. Apa itu? Kita para buruh harus memiliki kompetensi, kreatifitas, inovasi pada aspek-aspek digital ekonomi karena bukan saja dunia berkembang tetapi juga model bisnis sudah jauh mengalami perkembangan," katanya.

"Ajakan saya pada buruh di seluruh Indonesia, bekali dirimu dengan kerja cerdas, isi hari-harimu dengan kreatifitas pada bidang teknologi, rebut ruang publik digital dan bersama pemerintah kita aktif mendorong proses transformasi ekonomi tersebut," ujar Arnod.

Menurutnya, agenda besar Bina Lindung Sejahtera yang menjadi payung perjuangan buruh harus mengalami penyelarasan dengan agenda-agenda pemerintah dan perkembangan zaman. Maka itu dia mengajak elemen buruh dari barisan manapun untuk membangun komunikasi dengan pemerintah baik pusat maupun daerah, asosiasi pengusaha, mitra-mitra kerja, dan pihak terkait lainnya untuk merancang program-program positif.

"Bagi saya penting jadi catatan agar kita para buruh harus menjadi elemen solutif bagi persoalan bukan saja terkait buruh tetapi juga elemen solutif bagi permasalah bangsa, bukan malah jadi beban atau bagian dari masalah," ucapnya.

Baca: Jawa Timur Catat Angka Tertinggi Vaksinasi PMK Se-Indonesia.

Musda VI PD PPMI KSPSI Jawa Timur kembali mengukuhkan Sunowo untuk melanjutkan kepemimpinannya pada periode kedua 2022-2027. Agenda Musda ini juga dihadiri oleh Kadis Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Ketua DPD KSPSI Ahmad Fauzi beserta para pimpinan daerah, dan pimpinan cabang se-Jawa Timur, Sekretaris PPMI KSPSI Warsidi, Ketua PPMI KSPSI Jamattul Koip dan Wakil Sekretaris PPMI PPMI KSPSI Dalton Munthe.

"Selamat untuk Saudara Sunowo untuk mengendalikan organisasi lima tahun ke depan. Semoga kerja nyata kita berbuah positif untuk kemajuan buruh, kemajuan daerah Jawa Timur, dan tentu saja kemajuan bangsa dan negara yang sama-sama kita cintai ini," pungkas Arnod.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)