Mandi Peluh, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Bedah Rumah Nenek Inaq

Minggu, 28 Juni 2020 - 13:12 WIB
loading...
Mandi Peluh, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Bedah Rumah Nenek Inaq
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal bertemu Inaq Siin, yang rumahnya selesai direnovasi oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa Lombok Barat. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Jajaran TNI-Polri saling bergotong royong membangun rumah tidak layak huni seorang janda tua bernama Inaq Si'in di Dusun Batusamban, Desa Lembar selatan, kecamatan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

(Baca juga: Dari Ketinggian 6000 Kaki, Prajurit Marinir Menyerbu Situbondo )

Sebelum dibongkar, bangunan tersebut sangat memprihatinkan. Tidak memiliki fasilitas listrik dan air bersih.Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal menjelaskan, kondisi nenek renta itu diketahui setelah Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan program pendistribusian beras ke warga yang terdampak pandemi COVID-19.

"Dalam proses pengerjaan pembangunan bedah rumah secara umum dikerjakan oleh personel TNI dan Polri. Sedangkan pada pengerjaan bagian tertentu seperti plesteran dan pemasangan keramik merupakan partisipasi tukang dari masyarakat setempat dengan biaya setengah harga dari ongkos tukang normal," kata Iqbal, Minggu (28/6/2020).

Mandi Peluh, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Bedah Rumah Nenek Inaq


Nenek Inaq sendiri diketahui sudah menempati rumah itu sejak tahun 1955. Ia mempunyai dua anak, namun mereka menetap di wilayah lain. Dengan kata lain, nenek Inaq sampai kini menetap sendirian di rumah tak layak huni itu.

(Baca juga: Serang Anggota Piket Penjagaan Polres OKI, Pelaku Tewas Ditembak )

Kedua anaknya itu tetap memberikan uang kepada ibunya tersebut. Namun, tetap terbatas. Tidak mampu menutupi untuk melakukan renovasi rumah itu. "Nenek Inaq Si'in sehari-harinya tidak memiliki pekerjaan untuk biaya hidup saja kekurangan apalagi untuk memperbaiki rumah," ujar Iqbal.

Dengan alasan kemanusiaan, alhasil Polda NTB yang dikomandoi oleh Irjen Pol. Mohammad Iqbal itu memutuskan untuk membantu membongkar rumah nenek Inaq tersebut.

Mandi Peluh, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Bedah Rumah Nenek Inaq


Apalagi, hal itu didukung dengan Polres Lombok Barat, yang sedang menjalankan program 'Seribu Rupiah' atau pada setiap pelaksanaan apel pagi dikumpulkan sumbangan secara sukarela dari seluruh personel dengan ketentuan maksimal sumbangan sebanyak Rp2.000. Program ini sudah berjalan semenjak tahun 2017 kemudian uang yang terkumpul diarahkan untuk bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

Adapun pelaksanaan proses renovasi rumah itu dimulai sejak 5 Juni 2020 hingga tahap akhir penyelesaian pada tanggal 25 Juni 2020 mendatang. (Baca juga: Sebulan Penuh Ribuan Rumah di 5 Kecamatan di Wajo Terendam Banjir )

"Sumber dananya sumbangan Program Seribu Rupiah Personel Polres Lombok Barat sejumlah Rp21.478.000. Sumbangan para dermawan berupa pasir, besi dan bata merah, sumbangan konsumsi pekerja selama pembangunan dari Bupati Lombok Barat. Fauzan Khalid, sebanyak Rp5.000.000 atau Rp250.000/hari," tutup Iqbal.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2920 seconds (0.1#10.140)