Wujudkan TPBIS, Perpusnas Fasilitasi PLM Pengelola Perpustakaan

Selasa, 26 Juli 2022 - 21:08 WIB
loading...
Wujudkan TPBIS, Perpusnas Fasilitasi PLM Pengelola Perpustakaan
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan, Moh. Hasan membuka Peer Learning Meeting Provinsi Sulawesi Selatan, di Hotel Gammara, Selasa (26/7/2022). Foto/SINDOnews/Syamsi Nur Fadhilah
A A A
MAKASSAR - Sudah sejak tahun 2018 Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Hal ini guna mendorong gerakan literasi untuk memperbaiki kesejahteraan rakyat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program prioritas nasional 2020-2024 dengan tujuan untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang unggul melalui peningkatan kemampuan literasi untuk mewujudkan Indonesia Maju.



Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, mengungkapkan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial menitikberatkan pada peningkatan kapasitas pengelola perpustakaan.

"Hal itu bertujuan agar dalam memberikan layanan perpustakaan, pengelola perpustakaan mampu memahami kebutuhan masyarakat, memberikan inovasi layanan dengan melibatkan keterlibatan masyarakat dan membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan layanan perpustakaan yang sesuai kebutuhan masyarakat," ungkap Syarif, dalam keterangan resminya.

Pada tahun 2022 ini, Perpustakaan Nasional memperluas Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di 96 Perpustakaan Desa yang berada di 136 kabupaten/kota, di 34 Provinsi.

"Pada bulan Maret hingga Juni 2022, Perpustakaan Nasional telah membekali para pengelola perpustakaan penerima manfaat program melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (SPP-TIK)," jelasnya.

Pasca bimtek tersebut, lanjut Syarif, perpustakaan didorong untuk mengimplementasikan program dengan meningkatkan layanan informasi, melakukan kegiatan pelibatan masyarakat sesuai kebutuhan, melakukan advokasi untuk membangun dukungan serta publikasi dari kegiatan perpustakaan.

Agar proses transformasi perpustakaan dapat terus berlanjut dan meningkat, Perpustakaan Nasional memfasilitasi pertemuan antar pengelola perpustakaan dalam kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) tingkat Provinsi.

"Disebut Peer Learning Meeting karena mempertemukan sesama pengelola perpustakaan untuk saling belajar dan berbagi pengalaman dalam menjalankan transformasi perpustakaan," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)