Ning Ita Sinergikan Berbagai Elemen Masyarakat untuk Sukseskan Program Kelurahan Siaga

Kamis, 21 Juli 2022 - 17:56 WIB
loading...
Ning Ita Sinergikan Berbagai Elemen Masyarakat untuk Sukseskan Program Kelurahan Siaga
Wali Kota Ika Puspitasari Wali kota Mojokerto mengikuti gerakan peregangan di sela-sela webinar Kelurahan siga bersama pmpinan OPD dan organisasi masyarakat.
A A A
KOTA MOJOKERTO - Program Kelurahan/Desa Siaga merupakan upaya pemerintah dalam merespons masalah kesehatan di tengah masyarakat. Kelurahan/Desa Siaga memiliki konsep strategis yakni dengan melakukan pemberdayaan masyarakat di tingkat desa ataupun kelurahan untuk memelihara kesehatan bersama.

Maka dari itu Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menggandeng berbagai macam organisasi masyarakat untuk menyukseskan pelaksanaan Kelurahan Siaga. Hal tersebut terwujud dengan melibatkan lurah, TP. PKK, anggota Muslimat, Fatayat, Aisyiyah, Puskesmas, dan para kader Kelurahan Siaga dalam Webinar Koordinasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Kelurahan/Desa Aktif, pada Kamis (21/7/2022) di Pendopo Sabha Krida Tama, Rumah Rakyat, Jl. Hayam Wuruk 50, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita ini berupaya merespons segala masalah kesehatan di Kota Mojokerto seperti halnya kasus Covid-19, stunting, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat teratasi secara massif jika seluruh elemen di masyarakat berkolaborasi bersama-sama.

"Peran kita semua akan lebih massif lagi outputnya di masyarakat, apabila saling bersinergi dan berkolaborasi dengan organisasi diberbagai sektor," tuturnya.

Berbagai macam organisasi yang ada di masyarakat dianggap akan dapat lebih cepat membantu suksesnya Kelurahan Siaga di Kota Mojokerto. Hal tersebut dapat terwujud karena organisasi-organisasi tersebut dapat langsung berinteraksi di tengah kalangan masyarakat. "Peran serta kita sesuai dengan tupoksi dimasing-masing organisasi tempat kita bernaung, memiliki peran yang cukup strategis dalam rangka promosi kesehatan di masyarakat," kata Ning Ita.

Kelurahan Siaga secara umum memiliki tujuan terwujudnya masyarakat desa atau kelurahan yang sehat, peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya. Maka dari itu, untuk menyukseskan Kelurahan Siaga perlu adanya langkah konkret dari berbagai elemen tersebut.

"Harapan kami ada rencana aksi tindak lanjut, dengan upaya seluruh sektor tersebut dapat mengambil peran untuk mempromosikan kesahatan kepada masyarakat luas," pungkas Ning Ita. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)