Karang Taruna di Lumajang Bagikan Tips Agar Daging Lebih Empuk

Selasa, 19 Juli 2022 - 16:41 WIB
loading...
Karang Taruna di Lumajang Bagikan Tips Agar Daging Lebih Empuk
Karang taruna (kartar) di Lumajang, Jawa Timur, membagikan aging hewan kurban dengan menggunakan wadah daun pepaya.Foto/ist
A A A
LUMAJANG - Karang taruna (kartar) di Lumajang, Jawa Timur, membagikan aging hewan kurban dengan menggunakan wadah daun pepaya. Daun pepaya, dipilih dengan tujuan selain ramah lingkungan, juga bisa mengempukkan daging secara alami.

Kegiatan pembagian daging kurban dengan menggunakan wadah daun pepaya ini dilakukan serempak di semua kartar yang tergabung dalam Heppiii Community Lumajang.

"Dengan penggunaan wadah tersebut juga bisa mengurangi kantong plastik sekali pakai, apalagi saat momen seperti ini kebutuhan penggunaan kantong plastik banyak sekali," jelas Miftachul Arif, koordinator kegiatan Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) Berbagi 2022.

Baca juga: Karang Taruna di Probolinggo Bagikan Daging Kurban ke Suku Tengger

Warga membagikan daging kurban ke daerah sekitar serta ke musala tempat komunitas berada. Prinsip membagikan ke yang lebih dekat menjadi dasar mereka untuk mendistribusikan daging kurban kepada yang membutuhkan.

Komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Karta Wisanggeni Lempeni, Karta Tunas Muda Mandiri Karangsari, Serbung Jatimulyo, Rencang Tukum. Selain itu ada juga anak Bold Riders Lumajang yakni Ride - X yang membagikan daging kurban ke penyintas erupsi Semeru di yang kini tinggal di hunian tetap.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) Berbagi 2022 yang serentak dilaksanakan di 87 kabupaten Kota di Indonesia Timur. KITA Berbagi tahun ini ada 637 ekor sapi dan kambing yang dibagikan ke masyarakat.

Pada 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya. Pada tahun 2021 lalu, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini kolaborasi berbagai komunitas ini juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan daging kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Data awal sudah ada 10.583 paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, daun pisang dan wadah ramah lingkungan lainnya. Data ini adalah jumlah sementara dan diperkirakan akan terus bertambah dalam sepekan kedepan
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1490 seconds (10.55#12.26)