Polisi Halau Bus Angkutan Mudik Masuk Bandung di Gerbang Tol Buahbatu

Minggu, 26 April 2020 - 21:07 WIB
loading...
Polisi Halau Bus Angkutan Mudik Masuk Bandung di Gerbang Tol Buahbatu
Petugas menghalau bus jurusan Sukabumi-Wonogiri yang mengangkut pemudik di check point gerbang Tol Buahbatu, Kota Bandung. Foto/TMC Satlantas Polrestabes Bandung
A A A
BANDUNG - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung bertindak tegas dengan memerintahkan bus pengangkut para pemudik kembali ke daerah asal. Mereka tak diizinkan masuk Kota Bandung.

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan, penindakan tersebut dilakukan petugas gabungan Polri, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota dan Provisi, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Bandung Raya plus Sumedang dan larangan mudik di sejumlah check point gerbang tol dan perbatasan yang merupakan pintu masuk ke Kota Bandung.

"Masa sosialisasi telah dilaksanakan selama tiga hari sejak PSBB diterapkan. Saat ini kami melakukan penindakan," kata Bayu dikonfirmasi melalui telepon seluler (ponsel), Minggu (26/4/2020).

Pengendara motor yang ditindak, ujar Bayu, karena melanggar PSBB, yaitu berboncengan dan tak mengenakan masker. Para pelanggar dikenakan sanksi teguran dan diperintahkan putar balik.

"Pengendara mobil juga ditindak tegas karena memuat jumlah penumpang lebih dari kapasitas yang diizinkan dalam PSBB," ujar Bayu.

Sementara, tutur Kasatlantas, terhadap bus pengangkut pemudik, ditindak tegas untuk putar balik arah ke kota asal karena melanggar arahan pemerintah terkait larangan mudik.

"Terhadap bus dan penumpangnya diperintahkan kembali ke daerah asal (dilarang masuk Kota Bandung). Kejadiannya hari ini (Minggu 26 April 2020). Mulai saat ini, tidak ada bus AKAP dari Kota Bandung keluar. Begitu juga, bus dari luar kota tidak boleh masuk ke Bandung," tutur Kasatlantas.

Bayu mengemukakan, dalam tiga hari ini, Jumat, Sabtu, dan Minggu, 24-25-26 April 2020, petugas gabungan telah menindak tegas ratusan warga di sejumlah check point, baik gerbang tol maupun wilayah perbatasan.

Di gerbang Tol Buahbatu, ungkap Bayu, pada Jumat dan Sabtu, sebanyak 698 pengendara motor dan 22 mobil ditindak dengan diperintahkan putar balik dan ditegur.

Sedangkan pada Minggu, sebanyak 361 pengendara motor, 25 mobil, 29 truk, dan dua bus pengangkut pemudik jurusan Sukabumi-Wonogiri dan bus asal Kota Solo. "Pemudik ke Garut dan truk pengangkut orang juga diperintahkan balik arah dari Tol Buahbatu," ujar Bayu.

Kasatlantas menuturkan, penindakan serupa juga dilaksanakan di check point gerbang Tol Moh Toha. Di sini petugas menindak 15 pengendara motor dan 3 mobil.

Di pintu Tol Pasir Koja, satu pengendara mobil diperintahkan putar balik arah. Sementara di gerbang Tol Kopo, sebanyak 34 pengendara motor dan 4 mobil dan gerbang Tol Pasteur tak ada penindakan.

Bundaran Cibeureum 12 pengendara motor dan tiga mobil ditindak. Terminal Ledeng, Jalan Setiabudi, 75 pengendara motor. Sementara di check point Bundaran Cibiru, sebanyak 122 pengendara motor dan 78 mobil terkena sanksi putar balik dan atau ditilang.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)