Kerusuhan Babarsari Jogja, 3 Kubu Rekonsiliasi Usai Dipertemukan Binda DIY

Senin, 18 Juli 2022 - 18:52 WIB
loading...
Kerusuhan Babarsari Jogja, 3 Kubu Rekonsiliasi Usai Dipertemukan Binda DIY
Pertemuan rekonsiliasi digelar mempertemukan kelompok yang bertikai di kawasan Babarsari, Seturan dan Sleman, Jogja. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
JOGJA - Kerusuhan di kawasan Babarsari, Seturan dan Sleman, Jogja pada 2 hingga 4 Juli 2022 lalu diselesaikan dengan pertemuan rekonsiliasi antaratiga kelompok yang bentrok. Pertemuan dimediasi Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) DIY.

Binda DIY bergerak cepat mengumpulkan para tokoh masyarakat daerah dari tiga kelompok yang terlibat bentrok di kawasan Babarsari.

Baca juga: Jogja Mencekam! 2 Kelompok Bentrok, Karaoke di Babarsari Rusak

Pertemuan itu digelar agar konflik antar kelompok pemuda dari NTT, Maluku, dan Papua tersebut tidak menjalar ke berbagai tempat serta tidak memakan korban jiwa.

Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) DIY, Brigjen Pol Andry Wibowo mengatakan, upaya mengumpulkan para tokoh masyarakat ini sebagai bagian dari mediasi setelah bentrok yang berlangsung selama tiga hari.

Dia menyatakan, semua tokoh masyarakat bersepakat untuk rekonsiliasi dengan cara saling menahan diri agar tidak terjadi lagi bentrokan susulan.

Andry sebelumnya menggelar pertemuan dengan ketua sesepuh masyarakat NTT di Jogja, John Serang Keban (mewakili NTT dan Papua) dan Ketua Umum Pattimura Muda Jogja, Jacky Latuperissadari (perwakilan Maluku) seusai kerusuhan mereda.

Baca juga: Jogja Kembali Mencekam! 6 Motor dan Balai Pertemuan di Babarsari Dibakar Massa

Dalam pertemuan itu, Kabinda DIY meminta kedua belah pihak untuk menahan diri. Permintaan itu lalu disanggupi oleh masing-masing kelompok dengan menyiarkan video pernyataan bersama.

"Kami mengumpulkan para tetua untuk mendengarkan kemajuan konflik, serta agar konflik tidak meluas," kata Brigjen Pol Andry Wibowo, Senin (18/7/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2441 seconds (11.97#12.26)