Dua Kapal Terbakar di Tanjung Perak Surabaya, Salah Satunya Karam

Minggu, 17 Juli 2022 - 16:46 WIB
loading...
Dua Kapal Terbakar di Tanjung Perak Surabaya, Salah Satunya Karam
Dua kapal penangkap ikan yakni KLM Duta Kencana dan KLM Rukun Abadi terbakar ketika bersandar di dermaga Pelabuhan Kalimas Tanjung Perak, Jalan Kalimas Baru No.136, Surabaya, Minggu (17/7/2022). (Ist)
A A A
SURABAYA - Dua kapal penangkap ikan yakni KLM Duta Kencana dan KLM Rukun Abadi terbakar ketika bersandar di dermaga Pelabuhan Kalimas Tanjung Perak, Jalan Kalimas Baru No.136, Surabaya, Minggu (17/7/2022).

Kebakaran kapal diketahui sekitar puluk 03.00 WIB ketika KLM Rukun Abadi masih bersandar di Dermaga Kalimas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Saat terjadi kebakaran, dua ABK KLM. Rukun Abadi sedang tidur pulas. Sedangkan tiga ABK lainnya masih berada di luar.

Dua ABK yang tertidur langsung bergegas untuk memadamkan api, namun api sudah membesar dan tidak bisa ditanggulangi oleh mereka. Karena kobaran api yang terus membesar, akhirnya si jago merah merambat ke kapal KLM Duta Kencana yang sandar di lambung kanan KLM Rukun Abadi.

Proses pemadaman terus dilakukan sampai pukul 06.00 WIB oleh petugas PMK Kota Surabaya. Proses pembasahan juga dilakukan petugas PMK Pelabuhan Tanjung Perak dan PMK Kota Surabaya sebanyak 10 mobil PMK.

Sampai sejauh ini dugaan awal kebakaran karena korsleting listrik dan masih dalam proses penyelidikan Polres KP3 Tanjung Perak Surabaya. Proses penyidikan lebih lanjut masih dilakukan Polres KP3 Tanjung Perak.

Baca: Wagub Jabar Sebut Alih Fungsi Lahan di Kawasan Hulu Sungai Penyebab Banjir Garut.

Sampai siang ini, kondisi KLM Rukun Abadi yang terbakar keseluruhan kini telah karam ke dasar perairan. Sedangkan kapal KLM Duta Kencana yang hanya terkena rambatan teridentifikasi terbakar 50 persen di bagian ruang nakhoda.

"Bagian dek kapal aman, tapi untuk KLM Rukun Abadi karam ke dasar perairan," kata Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya Wasis Sutikno. Baca Juga: Hari Pertama Aturan Baru Wajib Booster, Bandara Juanda Tetap Ramai.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)