Ramah Lingkungan, Komunitas Motor Tulungagung dan Trenggalek Salurkan Daging Kurban Pakai Besek

Minggu, 17 Juli 2022 - 09:21 WIB
loading...
Ramah Lingkungan, Komunitas Motor Tulungagung dan Trenggalek Salurkan Daging Kurban Pakai Besek
Komunitas motor di Tulungagung dan Trenggalek membagikan daging kurban menggunakan wadah nonplastik, yaitu besek.Foto/ist
A A A
TULUNGAGUNG - Komunitas motor di Tulungagung dan Trenggalek mengkampanyekan gerakan ramah lingkungan dengan. Pada Idul Adha membagikan daging kurban menggunakan wadah nonplastik, yaitu besek.

Menurut koordinator acara, Arif Setiawan, kolaborasi dari berbagai komunitas motor Bold Riders dan fans club di Tulungagung dan Trenggalek telah menyalurkan 9 kambing untuk warga yang membutuhkan. Mereka memakai wadah besek untuk daging kurban sebagai wujud kampanye terhadap lingkungan.

Baca juga: Komunitas SGI Tembus Daerah Bencana, Super Strike Banyuwangi Bagikan Daging Kurban ke Para Joki

"Untuk Red Ninja Indonesia (RNI) Tulungagung kemarin bersama CBR Club Indonesia (CCI), Yamaha R Series Owner Club (YROC) dan Japs and bratstyle (JBI) Tulungagung membagikan daging kurban ke musala, kolaborasi dengan masyarakat sekitar. Sebagian juga diberikan kepada yatim piatu, di daerah Desa Bendil Wungu, Kecamatan Sumber Gempol, Tulungagung," katanya.

Selain empat komunitas tersebut, tergabung juga Bold Riders Yamaha Nmax Club Indonesia (YNCI) Tulungagung, Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) Trenggalek, Motor Neo Sport Tiger (Monster) Trenggalek, Yamaha R 15 Club Indonesia (YR15CI) Trenggalek.

Kemudian ada juga fans club yakni dari Arsenal Indonesia Supporters (AIS) Regional Tulungagung dan Chelsea Indonesia Supporter Club (CISC) Regional Tulungagung. Komunitas ini juga membagikan daging kurban dengan besek, dan sebagian lain memakai wadah daun jati.

Arif Setiawan mengatakan, Program KITA Berbagi 2022 ini serentak dilaksanakan di 87 kabupaten Kota di Indonesia Timur. KITA Berbagi tahun ini ada 637 ekor sapi dan kambing yang dibagikan ke masyarakat di wilayah Indonesia Timur.

Pada KITA Berbagi 2022, Kolaborasi KITA mengusung konsep Gerakan Ramah Lingkungan. Dimana seluruh komunitas menggunakan wadah nonplastik seperti besek, daun jati, pisang, dan bahan lainnya sebagai tempat daging kurban yang akan diberikan ke masyarakat sekitar.

Pada 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya. Pada tahun 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini kolaborasi berbagai komunitas ini juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Data awal sudah ada 10.583 paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan. Data ini adalah jumlah sementara dan diperkirakan akan terus bertambah dalam sepekan kedepan
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0083 seconds (0.1#10.140)