Desa Wisata Bilebante, ‘Spot Healing’ di Lombok Tengah yang Asri

Rabu, 13 Juli 2022 - 23:37 WIB
loading...
Desa Wisata Bilebante, ‘Spot Healing’ di Lombok Tengah yang Asri
Desa Wisata Bilebante, salah satu desa di Lombok Tengah dengan kekayaan alam dan budaya yang unik. Foto ist
A A A
LOMBOK - Desa Wisata Bilebante, salah satu desa di Lombok Tengah dengan kekayaan alam dan budaya yang unik. Desa wisata ini merupakan salah satu desa wisata yang memiliki jarak tempuh cukup dekat dengan kawasan area MotoGP Mandalika.



Terletak di Kecamatan Pringgarata, Nusa Tenggara Barat, Desa Bilebante memiliki alam yang asri. Pada 2021, Desa Wisata Bilebante menjadi juara kedua untuk kategori alam dalam ajang BCA Desa Wisata Award.

Inge Setiawati EVP CSR BCA mengungkapkan, keindahan yang dimiliki desa-desa wisata di Indonesia perlu mendapatkan perhatian khusus."Kami mengajak wisatawan lokal khususnya untuk mengunjungi desa wisata dan turut membantu perekonomian warga lokal di desa,” ungkap Inge, Rabu (13/7/2022).

Lanjut Inge, pihaknya selalu memberikan pendampingan intensif untuk pengembangan pengurus desa agar mampu melestarikan kawasannya. "Hal ini kami lakukan juga sebagai bentuk dorongan terhadap pemulihan ekonomi nasional khususnya bagi warga lokal,” imbuhnya.

Sebagai kawasan pariwisata, lanjutnya, Desa Wisata Bilebante dijamin memberikan pengalaman wisata yang berkesan. Desa Bilebante meliputi area sawah seluas 212 hektare dan kebun 87 hektare.

Meksipun lokasi desa ini cukup jauh dari laut, terdapat keunikan yang menjadi daya tarik juga yaitu budidaya rumput laut yang dilakukan di area persawahan.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, kata Inge, dapat menikmati berbagai keindahan alam. Antara pijatan relaksasi tradisional di tengah persawahan yang diberikan oleh terapis lokal yang telah tersertifikasi.

Perawatan tersebut sangat cocok untuk wisatawan yang ingin meremajakan tubuh setelah beraktivitas padat sehari-hari. Paket yang ditawarkan juga memiliki penawaran yang ekonomis.

"Penduduk desa telah mendapatkan edukasi menjadi terapis spa, mengelola kebun herbal, hingga mengolah dan menyajikan minuman kesehatan," ungkapnya.

Selain itu, Desa Wisata Bilebante menyuguhkan tempat-tempat berkeliling dengan pemandangan sawah dan alam sekitarnya yang indah. Wisatawan dapat berkeliling menggunakan sepeda atau berjalan kaki untuk menikmati pemandangan yang masih asri.

Yang khas adalah makanan serabi rumput laut. Makanan ini merupakan makanan unik khas Desa Wisata Bilebante, diolah dari hasil budidaya rumput laut yang dilakukan di area persawahan. Makanan dengan rasa lezat dan menyehatkan ini dapat ditemukan dengan mudah di Desa Bilebante.

"Sebagai institusi perbankan nasional di Indonesia, kami senantiasa berkomitmen menghadirkan nilai tambah bagi nasabah maupun masyarakat Indonesia," tutupnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3264 seconds (0.1#10.140)