Keren! 10 Desa Wisata Ini Dipersiapkan Jadi Destinasi Kelas Dunia

Selasa, 12 Juli 2022 - 22:16 WIB
loading...
Keren! 10 Desa Wisata Ini Dipersiapkan Jadi Destinasi Kelas Dunia
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Direktur BCA Antonius Widodo, EVP CSR BCA Inge Setiawati, melakukan kunjungan ke Desa Wisata Nagari Silokek di Sumatera Barat, Rabu (6/7/2022). Foto ist
A A A
PADANG - Sebanyak 10 Desa Wisata dipersiapkan menjadi daerah tujuan wisata berkelas dunia. Kesepuluh Desa Wisata tersebut merupakan finalis dari ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa wisata tersebut dititipkan kepada BCA untuk mendapatkan pendampingan dan pelatihan demi bertransformasi menjadi destinasi pariwisata unggulan baru dan berkelas dunia.



Direktur BCA, Antonius Widodo mengatakan, berbekal pengalaman membina sejumlah Desa Wisata, pihaknya yakin 10 desa wisata mitra bakti BCA tersebut dapat menjadi penggerak ekonomi baru yang memberikan mata rantai ekonomi dan benefit bagi masyarakat.

“Kami akan melakukan pendampingan dan pembinaan intensif selama kurang lebih setahun untuk membantu 10 desa wisata agar dapat naik kelas menjadi desa wisata yang dikenal karena potensi wisata dan layanan terbaiknya. Terima kasih kepada Bapak Sandiaga Uno dan Kemenparekraf yang telah mempercayakan 10 Desa Wisata finalis ADWI sebagai mitra kami,” kata Antonius Widodo, dalam pernyataannya, Selasa (12/7/2022).

Diketahui, ajang ADWI 2022 berhasil menjaring sekitar 3.419 desa wisata dari segala penjuru nusantara sebagai peserta. Ajang ADWI 2022 merupakan upaya Kemenparekraf dalam mengembangkan potensi desa wisata di Indonesia menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Dari 3.419 peserta tersebut, ADWI meloloskan 50 peserta sebagai finalis yang akan mendapatkan pendampingan dari mentor yang sudah dipilih Kemenparekraf, sebelum akhirnya dinilai untuk memperebutkan juara dari 7 kategori yang dilombakan.

Dari 50 finalis tersebut, 10 desa wisata dipercayakan kepada BCA, antara lain Desa Wisata Pecinan Glodok di Jakarta, Desa Wisata Saba Budaya Baduy di Lebak Jawa Barat, Desa Wisata Situs Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat, Desa Wisata Semen di Blitar Jawa Timur, Desa Wisata Pahawang di Lampung, Desa Wisata Dayun di Siak Riau, Desa Wisata Silokek di Sijunjung Sumatera Barat (Desa Wisata Binaan Bakti BCA), Desa Wisata Kampung Warna Warna Tigarihit di Simalungun Sumatera Utara, Desa Wisata Kampung Melayu (Benua Melayu Laut) di Pontianak, dan Desa Wisata Malangga di Toli Toli Sulawesi Tengah.

Pada Rabu (6/7/2022) lalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama Direktur BCA Antonius Widodo, EVP CSR BCA Inge Setiawati, VP CSR BCA Ira Bachtar, Kepala Kantor Cabang Utama BCA Padang Robert Siahaan melakukan kunjungan ke Desa Wisata Nagari Silokek di Sumatera Barat. Desa Wisata Silokek merupakan desa wisata binaan BCA sekaligus Desa Mitra Bakti BCA yang turut menjadi bagian dari program ADWI 2022.

Desa Silokek yang terletak di Kecamatan Sijunjung, Sumatera Barat memiliki beragam daya tarik alam maupun buatan. Di desa ini, wisatawan dapat menikmati Ngalau (Goa) Basurek, goa alami sepanjang 250 meter yang memiliki ornamen unik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)