Gelar Salat Idul Adha, Mesjid Raya At-Taqwa Amuntai Diramaikan Ribuan Jemaah

Selasa, 12 Juli 2022 - 13:08 WIB
loading...
Gelar Salat Idul Adha, Mesjid Raya At-Taqwa Amuntai Diramaikan Ribuan Jemaah
Plt. Bupati Hulu Sungai Utara Husairi Abdi berbaur dengan ribuan warga Hulu Sungai Utara melaksanakan Salat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H, di Masjid Raya At-Taqwa Amuntai, Minggu(10/7/2022).
A A A
AMUNTAI - Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Hulu Sungai Utara Husairi Abdi berbaur dengan ribuan warga Hulu Sungai Utara untuk melaksanakan Salat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H, di Masjid Raya At-Taqwa Amuntai, Minggu(10/7/22) pagi.

Sejak pukul 06.35 Wita, masyarakat Hulu Sungai Utara mulai berdatangan ke Masjid Raya At-Taqwa untuk melaksanakan Salat Idul Adha 1443 H berjamaah. Setiap tahun Masjid Raya At-Taqwa Amuntai selalu dipenuhi oleh ratusan bahkan ribuan jemaah karena tempatnya luas dan lokasinya sangat strategis, berada tepat di jantung Kota Amuntai.

Bertindak sebagai Imam Salat Idul Adha KH. Zainuddin Arif, Muadzin Rahmadi, dan Khotib Sam'uni. Dalam khotbahnya ia mengatakan Hari Raya Idul Adha memiliki sejarah tersendiri serta mengajarkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT di dalamnya. Kisah perjuangan keluarga Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS.

Melakukan kurban adalah melakukan sesuatu yang mendekatkan diri kepada Allah Swt., yakni mendekatkan diri kepada tujuan hidup untuk mencapai mardlatillah.

Khotib juga mengajak jemaah untuk menjadikan peristiwa kurban sebagai semangat untuk berserah diri kepada Allah SWT dan berkurban menuju jalan yang diridhoi-Nya.
Gelar Salat Idul Adha, Mesjid Raya At-Taqwa Amuntai Diramaikan Ribuan Jemaah

"Pelajaran yang dapat dipetik di dalamnya adalah selalu yakin dan berbaik sangka kepada Allah SWT. Di mana kita sebagai hamba Allah wajib yakin dan berbaik sangka pada Allah apapun situasi yang dihadapi," katanya.

Sebagaimana ketika Allah memerintahkan Nabi Ibrahim AS menyembelih putranya, Nabi Ismail AS. Berkat cinta dan keikhlasan Nabi Ibrahim AS maka digantikanlah Nabi Ismail AS dengan seekor kibas. Peristiwa tersebut diperingati sebagai ibadah kurban setiap Hari Raya Idul Adha.

Maka dari itu diwajibkan kepada umat Muslim untuk lebih meningkatkan rasa syukur kepada Allah Swt dengan menambah ketakwaan kepada-Nya dan mewujudkannya dengan terus berusaha menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

"Marilah kita semua melaksanakan ibadah kepada Allah SWT dan saling memaafkan satu sama lain agar kita dimaafkan oleh Allah SWT dari kesalahan yang kita lakukan kepada-Nya. Dan semoga kita selamat di dunia dan akhirat," ucap khatib.

Selesai melaksanakan Salat Idul Adha, dilanjutkan bersalam-salaman dan foto bersama. Hari Raya juga jadi momen untuk open house di rumah Dinas Plt. Bupati Husairi Abdi untuk masyarakat umum. CM
(ars)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2288 seconds (10.55#12.26)