Dukung Kurban Online Baznas, UPZ PKT Sasar Mustahiq hingga Ujung Negeri

Selasa, 12 Juli 2022 - 09:03 WIB
loading...
Dukung Kurban Online Baznas, UPZ PKT Sasar Mustahiq hingga Ujung Negeri
Sambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, UPZ PKT salurkan bantuan hewan kurban bagi masyarakat Papua dan Papua Barat melalui layanan Kurban Online Baznas senilai Rp125 Juta. (Ist)
A A A
PAPU BARAT - Sambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ PKT) salurkan bantuan hewan kurban bagi masyarakat Papua dan Papua Barat melalui layanan Kurban Online Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) senilai Rp125 Juta. Penyaluran hewan kurban mencakup 5 Kabupaten di Provinsi Papua Barat yakni Sorong, Raja Ampat, Fakfak, Bintuni dan Kaimana.

Ketua UPZ PKT Nur Sahid, mengatakan penyaluran hewan kurban ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian PKT bagi masyarakat melalui manfaat zakat, khususnya yang ada di dua provinsi kawasan timur Indonesia tersebut. Hal ini juga wujud dukungan UPZ PKT terhadap program Baznas yang membuka layanan kurban online, sehingga penyaluran sesuai tujuan dan sasaran penerima dapat terfasilitasi dengan baik.

"Penyaluran hewan kurban ini bertujuan untuk meningkatkan manfaat zakat dengan menjangkau Mustahiq hingga daerah terpencil, sesuai misi PKT untuk berperan sebagai agen pembangunan dengan memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia," ujar Nur Sahid.

Ditambahkan Nur Sahid, penyaluran dan distribusi seluruh hewan kurban diserahkan sepenuhnya kepada Baznas, dengan sebaran mustahiq sesuai ketentuan penerima khususnya desa terpencil dan tertinggal yang ada di lima Kabupaten Papua dan Papua Barat.

Hal ini pun merujuk pada Peraturan Baznas RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pendistribusian Zakat, yang mengamanatkan penyaluran sesuai kategori 8 asnaf penerima zakat serta menitikberatkan pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

"Kami harap penyaluran hewan kurban ini bisa membantu masyarakat di Papua Barat, sebagai wujud pendayagunaan zakat karyawan PKT yang terumpul melalui UPZ," tambah Nur Sahid.

Dirinya pun menegaskan UPZ PKT akan terus berperan aktif dalam membantu seluruh sektor kehidupan masyarakat, dengan penyaluran zakat yang mengacu pada lima pedoman Baznas RI. Meliputi bidang ekonomi, kesehatan, dakwah dan advokasi, serta pendidikan dan kemanusiaan pada berbagai program unggulan.

Dia juga memastikan komitmen UPZ PKT untuk mengelola dan menyalurkan zakat sesuai ketentuan, agar kepercayaan karyawan PKT selaku muzakki semakin meningkat.

"UPZ PKT akan tetap profesional dalam menjalankan amanah, serta berupaya maksimal menyalurkan zakat sesuai ketentuan," ucap Nur Sahid.

Pimpinan Basnaz Saidah Sakwan, mengungkapkan Kurban Online Baznas digagas untuk memberi kemudahan masyarakat dalam berkurban, yang tahun ini mengangkat tema 'Kurban Online Baznas Menjangkau Ujung Negeri'. Pada program ini, hewan kurban dibeli langsung dari peternak binaan Baznas untuk disembelih dan didistribusikan hingga tingkat desa yang tersebar di 34 provinsi dan dua negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3777 seconds (0.1#10.140)