Milenial Wujudkan Destinasi Wisata Budaya Baru di Labuan Bajo

Selasa, 28 Juni 2022 - 22:05 WIB
loading...
Milenial Wujudkan Destinasi Wisata Budaya Baru di Labuan Bajo
Destinasi wisata baru berbasis budaya di Labuan Bajo berada di Kampung Kaper, Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, NTT. Foto/Ist
A A A
MANGGARAI BARAT - Labuan Bajo kini memiliki destinasi wisata baru berbasis budaya di Kampung Kaper, Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Obyek wisata ini melibatkan partisipasi hampir semua kalangan masyarakat, termasuk generasi muda atau milenial.

Lokasinya berada di pinggir jalan Trans Flores dan hanya berjarak sekitar 2,4 Km dari pusat kota Labuan Bajo. Pembukaan destinasi wisata baru ini ditandai dengan peluncuran "Sanggar Kope Oles Todo Kongkol" di halaman Rumah Adat (Mbaru Gendang) Kaper.



Peresmian menampilkan atraksi budaya berupa berbagai tarian adat seperti tarian caci (tari perang orang Manggarai), permainan khas orang Manggarai (rangkuk alu), tarian dan nyanyian melingkar (danding), tarian kontemporer kreasi anak muda, dan sejumlah atraksi budaya lainnya.

Atraksi budaya ini disuguhkan bagi para pengunjung yang juga terdiri dari wisatawan Nusantara dan mancanegara yang sedang berkunjung ke Labuan Bajo.

Beberapa produk UMKM lainnya yang dihasilkan warga Desa Golo Bilas juga turut dihadirkan seperti topi rea (peci anyam), tenun manggarai, minuman herbal, nasi khas manggarai (nasi kolo) dan ragam kuliner lainnya.

Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng berharap Sanggar Kope Oles Todo Kongkol dapat semakin melestarikan budaya Manggarai salah satunya dengan pariwisata.



Dia menyebut perkembangan pariwisata boleh pesat, tapi tidak boleh meruntuhkan atau menghilangkan atau menggerus nilai-nilai budaya yang sudah ada, bertumbuh, berkembang, dan hidup di tengah masyarakat.

"Apa yang kita buat hari ini adalah bukti bagaimana mayarakat menyambut Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan ini menjadi sarana melestarikan budaya. Selamat atas diresmikannya Sanggar Budaya Kope Oles Todo Kongkol!" ujarnya dikutip Selasa (28/6/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4371 seconds (0.1#10.140)