Cuaca Buruk, Pesawat AMA Mendarat Darurat di Jalanan Keerom Papua

Selasa, 28 Juni 2022 - 20:07 WIB
loading...
Cuaca Buruk, Pesawat AMA Mendarat Darurat di Jalanan Keerom Papua
Pesawat AMA jenis PK-RCQ terpaksa mendarat darurat di jalanan Kampung Molof, Distrik Senggi akibat cuaca buruk di Keerom, Papua, Selasa (28/6/2022). Foto/iNews TV/Omega Batkorumbawa
A A A
KEEROM - Pesawat AMA jenis PK-RCQ terpaksa melakukan pendaratan darurat di jalan wilayah Kampung Molof, Distrik Senggi akibat cuaca buruk di daerah Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (28/6/2022).

Cuaca Buruk, Pesawat AMA Mendarat Darurat di Jalanan Keerom Papua


Musibah yang dialami pesawat ini berawal saat petugas Bandara Senggi, Bambang mendapat informasi may day (emergensi) melalui radio dari pesawat AMA/RCQ dengan Rute (Sentani-Oksibil).



Dalam panggilan emergensi disebutkan bahwa pesawat tersebut melakukan pendaratan darurat di Kampung Molof, Distrik Senggi akibat cuaca buruk.

Kapolres Keerom AKBP Christian Aer menjelaskan bahwa pesawat tersebut sebelumnya bertolak dari Sentani.

"Namun saat melintas di area Distrik Senggi, pesawat tersebut mengalami gangguan cuaca buruk, sehingga melakukan putar balik ke arah Bandara Senggi. Tetapi karena kekurangan BBM, pesawat tersebut melakukan pendaratan di darurat di Jalan KM 37 PT. Batasan Dharma Timber, Kampung Molof, Distrik Senggi," ujar Kapolres dalam keterangan tertulisnya, Selasa malam (28/6/2022).

Usai mendarat di jalan maka pukul 13.15 Wit, pilot bernama Caesar melaporkan kejadian tersebut ke Bandara Senggi dan melaporkan bahwa pesawat yang dikemudikannya melakukan pendaratan darurat.



Pesawat tersebut saat kejadian membawa enam penumpang dari Sentani tujuan Oksibil.

"Kondisi pesawat rusak berat. Kondisi pilot dan penumpang aman dan sehat semua. Sampai saat ini, pilot masih stay di Bandara Senggi. Sedangkan 6 penumpang sudah kembali ke Sentani menggunakan pesawat dari Bandara Senggi," ungkapnya.



Kapolres menambahkan, personel Polsek Senggi usai mendapat laporan langsung menuju TKP di Kampung Molof, Distrik Senggi. Polisi melakukan kordinasi dengan Avsec Bandara Senggi yang menyatakan bahwa tim dari KNKT akan datang ke Senggi guna melakukan olah TKP.

Sedangkan tim dari Polres Keerom dipimpin Kabag Ops AKP Yoan Febriawan datang Senggi untuk mengamankan TKP sekaligus akan melakukan olah TKP bersama sama dengan KNKT pada Rabu (29/6/2022).
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)