Operasi Pemisahan di RSUD Dr Soetomo Sukses, Bayi Kembar Siam Pulang ke Lombok Timur

Selasa, 28 Juni 2022 - 15:28 WIB
loading...
Operasi Pemisahan di RSUD Dr Soetomo Sukses, Bayi Kembar Siam Pulang ke Lombok Timur
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjenguk sekaligus melepas kepulangan Annaya dan Innaya dari RSUD Dr Soetomo.Foto/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Setelah lima bulan dirawat pasca pemisahan, bayi kembar siam dempet dada perut, Annaya Rizka Ramadhani dan Innaya Rizka Ramadhani (Annaya-Innaya) akhirnya diizinkan pulang ke kampung halaman di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Selasa (28/6/2022).

Direktur RSUD Dr Soetomo dr Joni Wahyuhadi didampingi tim dokter kembar siam dr. Martono mengatakan, kembar siam Anaya-Inaya ini pertama kali tiba di RSUD Soetomo pada tanggal 31 Januari 2022.

Baca juga: Alhamdullilah.. Operasi Pemisahan Kembar Siam Anaya Inaya Berhasil

Setelah melalui tahapan pemeriksaan, diputuskan pelaksanaan operasi dilakukan pada 15 Februari 2022. Operasi pemisahan Annaya dan Innaya berlangsung selama 10 jam operasi. Pelaksanaan operasi disaksikan langsung oleh Bupati Lombok Timur melalui layar video.

Setelah menjalani masa perawatan dan pemulihan pasca pemisahan selama lima bulan penuh, akhirnya Annaya dan Innaya diizinkan oleh tim dokter untuk pulang. "Kami Tim RSUD Soetomo kembar siam tidak hanya mengoperasi saja tapi juga melakukan konsultasi dan mendampongi banyak tim dokter penanganan operasi kembar siam di Indonesia," ungkap Joni.

Diketahui, sejak konsultasi sebelum pemisahan, proses operasi pemisahan hingga pacsa pemisahan, kondisi Anaya dan Inaya terus dipantau dengan cermat.

Keberhasilan operasi kembar siam yang sejauh ini telah dilakukan RSUD Dr Soetomo, membuktikan memang SDM dan kemajuan teknologi yang dimiliki sudah sangat canggih. Bahkan, saat ini tim dokter RSUD Dr Soetomo juga tengah memberikan mentoring bagi dokter-dokter rumah sakit provinsi lain terkait penanganan kasus kembar siam.

"Semoga Annaya dan Innaya terus sehat, tumbuh menjadi anak yang membanggakan dan membahagiakan kedua orang tua," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara khusus menyempatkan diri untuk menjenguk sekaligus melepas kepulangan Annaya dan Innaya dari RSUD Dr Soetomo.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2851 seconds (0.1#10.140)