Keluar dari Khilafatul Muslimin, 12 Jemaah di Majalengka Ikrar Setia NKRI dan Pancasila

Kamis, 23 Juni 2022 - 18:52 WIB
loading...
Keluar dari Khilafatul Muslimin, 12 Jemaah di Majalengka Ikrar Setia NKRI dan Pancasila
Sebanyak 12 jemaah Khilafatul Muslimin di Majalengka, Jawa Barat mengucapkan ikrar setia kepada NKRI dan Pancasila, Kamis (23/6/2022). Foto/Ist
A A A
MAJALENGKA - Belasan jemaah Khilafatul Muslimin di Majalengka, Jawa Barat menyatakan keluar dari organisasi yang menaungi mereka serta berikrar setia Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila, Kamis (23/6/2022).

Prosesi pengucapan ikrar kesetiaan terhadap NKRI dan Pancasila digelar di Aula Kanya Wasistha Polres Majalengka.

Baca juga: Pimpinan Tertinggi Khilafatul Muslimin Ditetapkan Tersangka

Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi menyatakan, pengucapan ikrar setia kepada NKRI dan Pancasila bukan hanya sekadar seremonial. Lebih dari itu, kegiatan tersebut bertujuan untuk lebih merekatkan persatuan dan kesatuan sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD 1945 demi keutuhan NKRI.

Menurut Edwin, kegiatan tersebut dilaksanakan 12 jemaah Khilafatul Muslimin. Mereka berikrar keluar dari Khilafatul Muslimin serta menyatakan setia kepada NKRI dan Pancasila.



"Seusai pengucapan ikrar dilanjutkan dengan penandatanganan surat pernyataan setia Kepada NKRI oleh 12 orang jamaah yang ada di Majalengka bersama Forkopimda Majalengka," katanya.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo menjelaskan, kegiatan pengucapan ikrar ini merupakan bentuk implementasi pengikatan amanah sekaligus melekatkan jiwa berbangsa dan bernegara bagi NKRI.

Baca juga: PPATK Blokir 21 Rekening Terkait Khilafatul Muslimin

"NKRI ini terbentuk dari jasa para pahlawan dan diamanatkan oleh semangat Pancasila. Apabila perkembangan dan pelaksanaan berbangsa dan bernegara ini disusupi oleh aliran yang salah/radikal, akan merusak tatanan negara," tegasnya.
(shf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2168 seconds (10.101#12.26)