Deklarasi Anti Hoaks, Kapolda Jatim Ajak Netizen Bijak Bermedia Sosial

Rabu, 22 Juni 2022 - 13:08 WIB
loading...
Deklarasi Anti Hoaks, Kapolda Jatim Ajak Netizen Bijak Bermedia Sosial
Polda Jawa Timur (Jatim) bersama warganet (netizen) se-Jawa Timur menggelar Deklarasi Anti Hoaks di Hotel Vasa Surabaya, Selasa (21/6/2022).Foto/ist
A A A
SURABAYA - Polda Jawa Timur (Jatim) bersama warganet (netizen) se-Jawa Timur menggelar Deklarasi Anti Hoaks di Hotel Vasa Surabaya, Selasa (21/6/2022). Tujuannya mengajak masyarakat bijak dalam bermedia sosial dan tidak menyebar hoaks.

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta memaparkan, dinamika perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat perkembangannya adalah media sosial sehingga apa yang terjadi di dunia maya dapat mempengaruhi yang ada di dunia nyata.

"Bahaya berita hoaks dapat menimbulkan persepsi maupun opini negatif, provokasi dan agitasi serta dapat menimbulkan kebencian sehingga netizen berperan penting dalam memupuk persatuan serta menjaga situasi Kamtibmas," kata Nico.

Baca juga: Polda Jatim Kerahkan 52 Unit Mobil ETLE untuk Operasi Patuh Semeru 2022

Menurut dia, tips menangkal hoaks dapat dilakukan dengan cara berfikir sebelum berbagi. Kemudian jangan mudah percaya, perhatikan judul dan isi, cek alamat sumber berita, bandingkan informasi, periksa tanggalnya dan cek kontennya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto menambahkan deklarasi ini tidak hanya sekedar seremonial saja, melainkan kegiatan-kegiatan aktif di media sosial juga akan dilakukan.

Dalam waktu dekat Humas Polda Jatim akan mengadakan lomba bersuara anti hoaks dan ekspresi di media sosial Tikto, yang bisa diikuti oleh seluruh warga Indonesia.

"Kami akan menindaklanjuti kegiatan ini dengan menyelenggarakan lomba yang bisa diikuti warga netizen secara nasional. Jadi kegiatan ini dari Polda Jatim untuk Indonesia," ucapnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2957 seconds (0.1#10.140)