Usai Parade di Solo, 150 Komunitas Dukung Pengajuan Hari Kebaya

Senin, 20 Juni 2022 - 07:35 WIB
loading...
Usai Parade di Solo, 150 Komunitas Dukung Pengajuan Hari Kebaya
Parade Kebaya Nusantara yang diikuti para pecinta busana kebaya digelar di Solo, Jawa Tengah. Foto/Ist
A A A
SOLO - Sebanyak 150 komunitas di berbagai daerah mendukung pengajuan penetapan Hari Kebaya. Dukungan itu muncul setelah digelar Parade Kebaya Nusantara di Solo, Jawa Tengah.

Dukungan penetapan Hari Kebaya yang terbaru datang dari komunitas di Samarinda, Kalimantan Timur. Hal itu disampaikan Ketua Tim Nasional Pengajuan Penetapan Hari Kebaya Lana T Koentjoro.



Dia menyebut Dukungan itu di antaranya disampaikan melalui pelaksaan car free day (CFD) Berkebaya yang merupakan bukti dan bentuk kecintaan masyarakat Indonesia pada busana warisan leluhur.

"Saya bangga dan mengapresiasi kegiatan CFD Berkebaya yang dilakukan oleh teman-teman," ujar Lana dalam keterangannya, Senin (20/6/2022).

Dia mengatakan, semakin banyak kegiatan berkebaya yang dilakukan oleh berbagai komunitas maka perkembangan pelestarian kebaya akan semakin baik.

"Sehingga upaya melestarikan kebaya terus terjaga. Ini juga sekaligus sebagai bentuk dukungan pada Tim Nasional Pengajuan Hari Kebaya dan Kebaya Menuju Unesco yang sedang kami siapkan," kata Ketua Umum Perempuan Indonesia Maju (PIM) ini.



Lana menambahkan, pihaknya kan melakukan safari dan kegiatan ke berbagai kota baik di Jawa dan luar Jawa untuk mengumpulkan dukungan.



Sebelumnya pada 4 Juni 2022 telah dilakukan penandatanganan Dukungan Hari Kebaya Nasional antara Ketua Tim Nasional Pengajuan Penetapan Hari Kebaya Lana T Koentjoro dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, serta tokoh masyarakat dan komunitas di Solo sekaligus menggelar Parade Kebaya Nasional.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)