Karanganyar butuh banyak penghulu, siapa minat?

Rabu, 06 November 2013 - 15:39 WIB
Karanganyar butuh banyak penghulu, siapa minat?
Karanganyar butuh banyak penghulu, siapa minat?
A A A
Sindonews.com - Stock buku nikah untuk wilayah Kantor Kementerian Agama (Kanmenag) Kabupaten Karanganyar masih cukup hingga 10 bulan ke depan.

Menurut Kepala Kanmenag Karanganyar H Mustain Ahmad, salah satu sebabnya persoalan itu adalah menurunnya jumlah angka perkawinan di Karanganyar tahun ini.

"Sampai saat ini persediaan buku nikah yang ada pada kami mencapai 8.000 pasang, jumlah ini mencukupi hingga 8-10 bulan ke depan," jelas Mustain Ahmad, kepada wartawan, di Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (6/11/2013).

Permasalahan Kemenag saat ini, justru kurangnya jumlah tenaga penghulu pencatat pernikahan. Sebab di luar kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap kecamatan yang menjadi Petugas Pencatat Pernikahan (PPN), hanya ada tiga penghulu di 17 kecamatan. Ketiga penghulu itu, berada di Kecamatan Karanganyar, Jatipuro, dan Colomadu.

“Ketiga penghulu itu melayani di Kecamatan Karanganyar Kota, Jatipuro, dan Colomadu. Idealnya, di setiap kecamatan terdapat dua orang penghulu. Sehingga kalau dihitung-hitung, saat ini Karanganyar masih kekurangan penghulu sebanyak 31 orang,” jelas Mustain.

Karena terbatasnya jumlah tenaga penghulu, maka pendaftaran pernikahan harus jauh hari sebelumnya agar petugas penghulu tidak kerepotan, dan waktu diusahakan tidak bersamaan di wilayah yang berbeda.

"Untuk mengatasi kekurangan jumlah penghulu, kami akan menambah dari PNS yang ada. Saat ini sedang melakukan pendataan, karena ada persayaratan tertentu untuk bisa menjadi penghulu, antara lain harus seorang sarjana agama dan mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.5715 seconds (0.1#10.140)