Dampingi Jamaah Calon Haji ke Makassar, Ini Pesan Bupati dan Wabup Bone

Minggu, 19 Juni 2022 - 11:16 WIB
loading...
Dampingi Jamaah Calon Haji ke Makassar, Ini Pesan Bupati dan Wabup Bone
Pelepasan jamaah calon haji asal Kabupaten Bone di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sabtu (18/6/2022). Foto/Istimewa
A A A
BONE - Bupati Bone A Fahsar M Padjalangi bersama Wakil Bupati (Wabup) Ambo Dalle mendampingi langsung jamaah calon haji Kabupaten Bone hingga ke asrama Haji Sudiang, Makassar, Sabtu (18/6/2022) malam.

Sebanyak 340 jamaah calon haji yang menumpangi 13 bus asal Kabupaten Bone tiba di Asrama Haji Sudiang sekitar pukul 19.00 Wita.

Mereka diterima langsung Kepala Kantor Kemenag Sulsel yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Khaironi.



Jamaah Kabupaten Bone tergabung dalam kloter 3 yang merupakan kloter pertama untuk gelombang kedua pada embarkasi Makassar dengan penerbangan langsung ke Kota Mekkah.

Ketua PPIH Embarkasi Makassar Khaironi menerima jamaah calon haji secara langsung dari Bupati Bone didampingi Wakil Bupati, Asisten I Tana Toraja dan Toraja Utara.

Bupati Bone, A Fahsar M Padjalangi berpesan kepada para jamaah dapat memperlihatkan persaudaraan yang kuat sebagai orang Sulawesi Selatan yang menjunjung tinggi kekeluargaan.

"Perjalanan ibadah haji ini akan menguras fisik Bapak Ibu sekalian. Padahal Bapak Ibu belum melaksanakan rukun-rukun haji. Maka itulah harus memanfaatkan momen dan kesempatan untuk selalu istirahat," kata Fahsar.

Dia juga meminta para jamaah untuk memperbanyak minum air putih, apalagi di tanah suci banyak disiapkan air zam-zam. Lebih baik banyak istirahat di masjid dan beribadah daripada lalu lalang ke sana kemari di luar sana tanpa jelas.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Bone berpesan jangan obral kesehatan, jangan lalu lalang untuk berbelanja.

Hal senada disampaikan Ambo Dalle yang baru saja pulang dari umrah dan melaksanakan Idul Fitri di Tanah Suci menceritakan pengalamannya.

Ambo Dalle meminta jamaah fokus beribadah dengan melaksanakan salat lima waktu berjamaah di masjid.

"Usahakan berangkat dan bergerak jauh dari waktu-waktu salat agar masih ada tempat duduk, jika lambat maka tidak ada shaf tersisa," kata Ambo Dalle.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Sulsel yang juga Ketua PPIH, Khaeroni memperkenalkan petugas haji kloter 3 di depan para jamaah diantaranya, mulai dari ketua kloter, pembimbing ibadah, petugas kesehatan dan petugas haji daerah.



Khaeroni juga menyebutkan saat ini kondisi cuaca di tanah suci diperkirakan dengan 40 derajat celcius.

"Di tanah suci, cuaca sangat ekstrem 40 derajat celcius dan puncak ibadah haji nanti akan mencapai 50 derajat celcius diharapkan menjaga kesehatan baik-baik," katanya.

Selama di asrama, panitia akan memberikan layanan sebaik-baiknya. Jamaah diminta memanfaatkan istirahat dengan sebaik-baiknya.

Disamping itu, Khaeroni meminta jamaah calon haji untuk tidak membawa senjata tajam atau barang yang tajam dan berbau yang ada di tasnya dan juga tidak usah membeli oleh-oleh terlalu banyak.

Kloter 3 Makassar dijadwalkan akan terbang ke tanah suci pada 19 Juni 2022.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2547 seconds (0.1#10.140)