Anggota DPRD Indramayu Dihukum 8 Tahun Penjara, Terbukti Jadi Dalang Tragedi Berdarah di Lahan Tebu

Kamis, 16 Juni 2022 - 10:22 WIB
loading...
Anggota DPRD Indramayu Dihukum 8 Tahun Penjara, Terbukti Jadi Dalang Tragedi Berdarah di Lahan Tebu
Dalang tragedi berdarah di lahan tebu Jatitujuh, Kabupaten Idramayu, Jabar, Taryadi dijatuhi vonis delapan tahun penjara. Foto/MPI/Andrian Supendi
A A A
INDRAMAYU - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Indramayu, menjatuhkan vonis delapan tahun penjara terhadap anggota DPRD Kabupaten Indramayu, dari Fraksi Demokrat, Taryadi. Vonis tersebut dibacakan majelis hakim, pada rabu (15/6/2022).

Baca juga: Anggota DPRD Indramayu Dalang Bentrok Lahan Tebu Jatitujuh Dituntut 12 Tahun Penjara

Taryadi dinyatakan bersalah, dan menjadi dalang dalam tragedi bentrokan berdarah di lahan tebu Jatitujuh, hingga menewaskan dua orang petani. Hukuman yang dijatuhkan hakim, lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Indramayu, yakni 12 tahun.



Dalam amar putusannya, majelis hakim menyatakan terdakwa Taryadi terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 160 ayat 2 ke-3 KUHP junto Pasal 55 ayat 1 ke 2 KUHP.

Baca juga: Mencekam! Rentetan Tembakan dan Aksi Kejar-kejaran Warnai Penggerebekan Kampung Narkoba di Medan

"Majelis hakim menyatakan terdakwa bersalah sebagaimana didakwakan dalam dakwaan alternatif kedua, dan menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Taryadi dengan pidana penjara selama delapan tahun, dikurangi masa penahanan sementara," terang JPU Kejari Indramayu, Ivanday Iswandi.

Baca juga: Kisah Asmara Gajah Mada, Panglima Perang Majapahit yang Sumpahnya Menggemparkan Nusantara

Lebih lanjut Ivanday Iswandi mengatakan, majelis hakim juga menyatakan, bahwa seluruh barang bukti tetap dalam berkas perkara dipergunakan seluruhnya dalam perkara lain, yakni perkara Warno. "Warno merupakan salah satu pelaku pembacokan pada bentrokan berdarah di Lahan Jatitujuh, yang menyebabkan dua petani tewas," pungkasnya.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1602 seconds (10.101#12.26)