Wabup Lutra Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Jaga Lingkungan

Selasa, 14 Juni 2022 - 14:09 WIB
loading...
Wabup Lutra Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Jaga Lingkungan
Wabup Lutra Suaib Mansur saat menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Sulsel di CPI Makassar. Foto/Dok Pemkab Luwu Utara
A A A
MAKASSAR - Wakil Bupati Luwu Utara ( Wabup Lutra ), Suaib Mansur, mengajak segenap masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga lingkungan. Hal itu diutarakannya di sela peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Sulsel di CPI Makassar, Senin (13/6/2022) kemarin.

"Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini sebagai peringatan atau 'warning sistem' bagi kita semua sebagai manusia untuk menjadikan bumi ini menjadi lebih baik lagi. Untuk itu, mari kita tingkatkan kesadaran dalam menjaganya, minimal lingkungan di sekitar kita," ungkap dia.

Baca Juga: Jelang Penilaian Inovasi Daerah, Wabup Lutra Kumpulkan Inovator Terbaik

"Dunia diciptakan bukan hanya untuk kita (manusia), tetapi berbagi dengan semua makhluk hidup," sambung orang nomor dua di Bumi Lamaranginang tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat, menyampaikan tahun ini PBB melalui UNICEF telah tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia yaitu 'Only One Earth'. Diangkatnya kembali tema ini karena sampai kapan pun tema ini sangat relevan.

Ia menyebut semua harus paham dan menyadari bahwa manusia hidup di alam yang sama, di bumi yang sama. Olehnya itu, kata dia, menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga dan melestarikan alam.

"Perubahan iklim, polusi dan limbah serta pencemaran lingkungan yang terjadi ini menandakan kondisi kita tidak baik-baik saja. Oleh karena itu, mari kita bertindak memberikan aksi restorasi ekosistem dan pembersihan udara," tuturnya.

Baca Juga: Ikuti Rakor Penyerahan DIPA, Wabup Lutra Akomodir Program Nasional

Ia pun mengajak masyarakat untuk mulai beralih, dari menggunakan kendaraan pribadi menjadi kendaraan umum. Melalui gerakan tersebut diyakini dapat berimplikasi positif dalam upaya menekan polusi udara.

Adapun peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Sulsel turut dihadiri oleh Forkopimda, BUMN, serta bupati/wali kota se-Sulsel. Turut dirangkaikan kegiatan penanaman bibit pohon, penyerahan penghargaan Kalpataru, serta penandatanganan MoU antara Pemprov Sulsel dengan pelaku usaha dalam memanfaatkan limbah.
(tri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3208 seconds (10.101#12.26)