Denpasar-Darwin Pererat Kerja Sama Sister City di Pariwisata dan SDM

Selasa, 14 Juni 2022 - 13:21 WIB
loading...
Denpasar-Darwin Pererat Kerja Sama Sister City di Pariwisata dan SDM
Penandatangan nota kesepahaman (MoU) Denpasar-Australia di di Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar, Bali, Senin (13/6/2022). Foto/Ist
A A A
DENPASAR - Pemkot Denpasar dan pemerintah Kota Darwin, Australia mempererat kerja sama Sister City yang telah berjalan terutama dalam sektor pariwisata dan sumber daya manusia (SDM).

Penandatangan nota kesepahaman (MoU) kerja sama ini dilakukan oleh Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wali Kota Darwin, Konstantine Vatskalis di Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar, Bali, Senin (13/6/2022).



Jaya Negara menjelaskan, kerja sama ini diharapkan dapat membangun ketangguhan kota dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan di masa depan. Di antaranya melalui berbagai program dan kegiatan yang telah dicanangkan.

Dia menambahkan bahwa kerja sama ini diharapkan dapat menjadi wahana untuk menemukan solusi-solusi terbaik dalam menghadapi berbagai tantangan global, seperti perubahan iklim (climate change), pembangunan berkelanjutan (SDG's), masalah perkotaan, kapasitas SDM, serta permasalahan global lainnya.

"Seperti yang disampaikan Wali Kota Darwin bahwa keberadaan hotel di Kota Darwin yang kekurangan tenaga kerja. Sehingga hal ini dapat menjadi peluang kerjasama dalam peningkatan kemampuan serta kesempatan anak-anak muda di Kota Denpasar bekerja di Australia," kata Jaya Negara dikutip Selasa (14/6/2022).

Diketahui Australia merupakan pangsa pasar utama pariwisata Bali dan Kota Denpasar. Sehingga kunjungan ini memberikan harapan baru bagi industri pariwisata di Bali yang tengah berupaya untuk bangkit setelah terpuruk selama dua tahun karena pandemi.



"Yang terpenting, kerja sama ini, diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi kedua Kota Denpasar-Darwin, untuk saling melengkapi satu sama lain, serta melakukan langkah-langkah nyata sebagai implementasinya," ujarnya.

Sementara, Konstantine Vatskalis menyampaikan bahwa pihaknya memerlukan satu sama lain dan mempertegas perjanjian Sister City Darwin-Denpasar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)