Asisten Rumah Tangga di Kota Batu Bisa Berangkat Haji Setelah Menabung Selama 20 Tahun

Senin, 06 Juni 2022 - 11:22 WIB
loading...
Asisten Rumah Tangga di Kota Batu Bisa Berangkat Haji Setelah Menabung Selama 20 Tahun
Asisten rumah tangga asal Kota Batu, Tukah, mempersiapkan keperluan untuk berangkat ibacah haji pada 16 Juni mendatang setelah menabung selama 20 tahun.Foto/Deni
A A A
BATU - Asisten rumah tangga (ART) di Kota Batu, Jawa Timur harus menunggu lama untuk bisa berangkat haji. Setelah 20 tahun menabung dan bersabar, ART bernama Tukah tersebut bisa berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

"Selama memiliki niat kuat, siapapun bisa berangkat ke Tanah Suci," kata Tukah menceritakan kisahnya. Perempuan 62 tahun ini tak bisa menyembunyikan bahagianya karena dia akan berangkat menunaikan rukun Islam kelima pada 16 Juni mendatang.

Baca juga: Bawa Terlalu Banyak, Rokok Jamaah Haji Asal Bojonegoro Disita Petugas

Warga Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini mengaku kebahagiaannya tidak begitu mudah diraihnya. Dia harus menabung selama 20 tahun, sejak 2002, menyisihkan uang sedikit demi sedikit. "Dari tabungan yang saya kumpulkan akhirnya bisa membayar biaya haji," tambahnya.

Uang yang ditabung itu, sambungnya, diperoleh dari bekerja sebagai ART di Kota Malang. Dia pun harus rela berpisah dengan anaknya demi bekerja di Kota Malang, walau jaraknya tak begitu jauh.

Selain menabung, Tukah tak pernah berhenti berdoa, memohon kepada Allah SWT agar niatnya dikabulkan dan jalannya dimudahkan. Dia berhasil melunasi biaya pembayaran haji Rp37,5 juta dan memiliki cukup uang saku selama beribadah haji.



Sebenarnya Tukah bisa berangkat pada 2020 lalu. Karena pandemi COVID-19, kesempatan itu akhirnya harus tertunda selama dua tahun. "Alhamdulillah, akhirnya tahun ini saya bisa berangkat ke Tanah Suci," imbuhnya.

Persiapan Tukah untuk berangkat berhaji pun tak ribet-ribet. Dia menyiapkan dua koper pakaian, obat-obatan dan perlengkapan seperlunya. Tukah hanya fokus pada kesehatan dengan memperbanyak berkegiatan di rumah.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3041 seconds (11.252#12.26)