Bumikan Pancasila, Pejabat dan Kapolres se-Jabar Pimpin Upacara di Sekolah

Rabu, 01 Juni 2022 - 07:10 WIB
loading...
Bumikan Pancasila, Pejabat dan Kapolres se-Jabar Pimpin Upacara di Sekolah
Membumikan Pancasila, pejabat hingga kapolres memimpin upacara Hari Lahir Pancasila.Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG - Para pejabat hingga kapolres di Provinsi Jawa Barat bakal terjun langsung memimpin upacara Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni.

Mereka akan bertindak sebagai pembina dalam Upacara Hari Lahir Pancasila di sekolah-sekolah yang tersebar di Jabar. Kegiatan ini dalam upaya membumikan Pancasila, khususnya bagi generasi muda.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dedi Supandi mengatakan, pihaknya mengajak seluruh elemen pendidikan di Jabar untuk memaknai Hari Kelahiran Pancasila mengingat Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

Baca juga: Wali Kota Bern Swiss Sampaikan Simpati Mendalam pada Ridwan Kamil

"Pejabat Disdik Jabar mulai dari kepala seksi, kepala bidang, kepala cabang dinas, semuanya dijadwalkan turun menjadi pembina upacara di sekolah," kata Dedi di Bandung, Selasa (31/5/2022).

Dedi berharap, para pejabat di lingkungan Disdik Jabar ini dapat memberikan arahan sesuai nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Dedi juga menekankan bahwa tanggal 1 Juni merupakan momen yang sangat penting mengingat di tanggal tersebut, Pancasila yang mempersatukan Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke lahir.

"Pada pelaksanaanya nanti, para pejabat Disdik Jabar akan memberikan arahan tentang praktik-praktik baik yang berkaitan dengan upaya pembumian Pancasila, khususnya di kalangan siswa," tutur Dedi.

Lebih lanjut Dedi mengatakan, pihaknya pun telah berkoodinasi dengan Polda Jabar terkait kegiatan tersebut. Gayung pun bersambut, Polda Jabar memberikan dukungan penuh dan akan menerjunkan sejumlah kapolres di Jabar sebagai pembina Upacara Hari Lahir Pancasila 2022 di sekolah-sekolah di wilayahnya masing-masing.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pak Kapolda dan alhamdulillah beliau menyambut baik pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila ini," katanya.

Dedi menambahkan, Pancasila berasal dari kata Panca dan Sila yang bermakna lima dan sila. Pancasila menurutnya merupakan sendi, atas, dan dasar atau peraturan tingkah laku yang baik dan penting.

Mengacu pada pembentukan kata tersebut, Pancasila merupakan dasar negara yang mengandung pedoman penting, khususnya bagi para pelajar sebagai generasi penerus bangsa.

"Pancasila merupakan jiwa dari Indonesia. Tidak hanya dasar negara, tapi Pancasila juga falsafah hidup untuk seluruh warga negara Indonesia," tandasnya
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2290 seconds (10.55#12.26)