Ratusan Petani Tebu di Lampung Deklarasi Dukung Ganjar Presiden 2024

Selasa, 31 Mei 2022 - 18:16 WIB
loading...
Ratusan Petani Tebu di Lampung Deklarasi Dukung Ganjar Presiden 2024
Ratusan petani perwakilan dari 15 kabupaten/kota di Lampung mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden 2024. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
WAY KANAN - Ratusan petani perwakilan dari 15 kabupaten/kota di Lampung mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024. Mereka tergabung dalam Petani Tebu Bersatu (Petebu) Lampung.

Ketua Deklarator Petebu Lampung Lukman Tuan Kumala Sakti mengatakan, dukungan diberikan karena pihaknya terpikat dengan sosok Ganjar yang berkomitmen untuk memajukan petani tebu di Indonesia. Menurutnya, Ganjar telah terbukti di Jateng kebijakannya berpihak kepada sektor pertanian, khususnya petani tebu.

“Pak Ganjar, beliau peduli petani rakyat, peduli petani Tebu. Beliau berpihak pada petani, kepada pertanian dan juga juga merakyat,” kata Lukman usai deklarasi di Kampung Negara Batin, Kecamatan Negara Batin, Way Kanan, Lampung, Selasa (31/5/2022).

Tokoh adat di Kampung Negara Batin ini menjelaskan, Ganjar yang bersahaja ini kebijakannya selalu berpihak pada rakyat kecil. Hal itu terbukti dengan adanya bantuan modal, promosi, dan bimbingan bagi para petani khususnya petani tebu, perbaikan ratusan ribu rumah tidak layak huni (RTH) serta kebijakan-kebijakan lainnya yang berpihak pada kesejehateraan masyarakat.

“RTH di Jateng Alhamdulillah beliau sudah perbaiki. Pak Ganjar siap untuk melayani masyarakat, terobosan selama dua periode bisa keliatan itu di Jateng yang sangat maju,” tegasnya.

Lukman menyakini Ganjar bisa memperjuangkan hak-hak yang selama ini belum didapat para petani tebu. Khususnya bisa merasakan manisnya kebijakan pemerintah kepada petani tebu. Di antaranya kebijakan soal adanya standar harga jual.

Ia juga memuji Ganjar yang dinilainya figur lengkap. Ganjar berpengalaman dalam pemerintahan seperti mantan sebagai anggota legislatif dan saat ini Gubernur Jateng dua periode. Secara kepribadian, kata Lukman, Ganjar mempunyai sikap yang tegas, berkakter kuat, mengayomi dan peduli pada nasib petani Tebu.

Oleh karenanya, ia mengajak rakyat di Indonesia untuk bergerak dan memenangkan Ganjar dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang. “Mudah-mudahan masyarakat Indonesia bisa memilih pemimpin ke depan yang berwibawa dan bersahaja seperti Pak Ganjar,” tandasnya.

Dalam acara itu, masyarakat mengenakan pakaian adat daerah setempat. Mereka juga menggelar halalbihalal, diskusi permasalahan pertanian tebu, santunan anak yatim dan dhuafa, tasyakuran tebang tebu, serta penyerahan sambako bagi warga tidak mampu secara door to door.

Selain itu, dihelat pawai adat Kampung Negara Batin, pagelaran musik gamelan, tari Tigol, tari Sambah dan jenis musik daerah serta musik hiburan lainnya. Deklarasi di Lampung mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024 ini merupakan yang ketiga dilakukan para petani tebu. Sebelumnya, dukungan petani tebu kepada Ganjar digelar di Nganjuk, Jawa Timur dan Karanganyar, Jawa Tengah.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2199 seconds (0.1#10.140)