Waspada Cacar Monyet, Warga Jabar Diimbau Perketat PHBS

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:43 WIB
loading...
Waspada Cacar Monyet, Warga Jabar Diimbau Perketat PHBS
Ilustrasi virus cacar monyet. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Warga Jawa Barat diimbau untuk memperketat perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), seiring kemunculan wabah penyakit cacar monyet atau monkeypox.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, Raden Vini Adiani Dewi mengatakan, meski penyakit tersebut belum terdeteksi di Jabar, namun pihaknya terus menyosialisasikan upaya pencegahan.

"Tindak lanjut dari Dinkes Jabar yaitu melakukan tindakan preventif dan sosialisasi, terutama PHBS dan menunggu pedoman dari pemerintah pusat," kata Vini, Rabu (25/5/2022).



Menurut Vini, pihaknya belum bisa berkomentar lebih banyak terkait upaya penanganan penyakit tersebut. Pasalnya, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun belum mengeluarkan arahan terkait penanganan penyakit yang sudah mewabah di sejumlah negara di benua Eropa dan Amerika itu.



"Kan penularan penyakit itu seperti cacar biasa, tapi kami juga ini masih menunggu kabar terbaru dari Kemenkes. PHBS tetap harus diterapkan masyarakat Jabar," tegasnya.

Diketahui, penyakit cacar monyet saat ini sudah mewabah di sejumlah negara Eropa dan beberapa negara bagian Amerika. Hingga saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, ada 14 kasus terkonfirmasi penyakit monkeypox itu.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)