Cegah Stunting, Bupati Morowali Buka Kegiatan Posyandu Remaja Desa Matansala

Senin, 22 Juni 2020 - 20:06 WIB
loading...
Cegah Stunting, Bupati Morowali Buka Kegiatan Posyandu Remaja Desa Matansala
Cegah Stunting, Bupati Morowali Buka Kegiatan Posyandu Remaja Desa Matansala
A A A
BUNGKU - Bupati Morowali Taslim membuka kegiatan posyandu remaja, Sabtu (20/6/2020) di Alun-Alun Rujab Matansala. Dalam sambutannya pun, Bupati Morowali meminta agar program ini benar-benar diawasi dan diarahkan pada jalurnya.

“Kesehatan itu sangat penting bagi manusia. Kita tidak bisa beraktifitas,menggapai cita-cita dan tidak bisa memaksimalkan segala rencana kalau tidak didukung oleh Kesehatan yang prima. Oleh karena itu, sebagai warga masyarakat, perlu memahami secara sempurna manfaat Kesehatan. Salah satu modal hidup kita adalah Kesehatan,” Jelasnya.

Penyebab terjadinya stunting disebabkan oleh banyak faktor seperti kondisi diri sendiri dan penyakit pada bayi, karena kurangnya asupan gizi pada kondisi ini mengakibatkan anak akan mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik dan otaknya serta beresiko mengidap berbagai penyakit.

Pemerintah menaruh perhatian besar terhadap upaya pencegahan gangguan tumbuh kembang atau stunting ini melalui peningkatan Kesehatan mulai remaja selaku cikal bakal keluarga.Ungkap Bupati Morowali

“Dilihat dari upaya pemerintah dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul itu dimulai dari usia remaja. “Orang belum kawin sudah dipersiapkan, semua arahnya bagaimana kita bisa melahirkan generasi yang memiliki sumber daya manusia yang baik.” Artinya generasi yang sehat. Namun tentu masih banyak upaya lain yang harus kita lakukan,” Tegasnya.

Upaya yang dilakukan pemkab untuk menanggulangi stunting khususnya pencegahan melalui pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi yaitu edukasi atau pengetahuan.

“Diantaranya bagaimana memberikan edukasi kepada anak sejak dini, untuk bisa hidup menggunakan pola hidup sehat, yaitu menjauhi narkoba, minuman keras, merokok. Disamping upaya edukasi, Tentunya didalam rumah tangga, harus punya pengetahuan bagaimana mampu menyiapkan menu yang memenuhi standar Kesehatan. Jadi tidak hanya terhindar dari narkoba minuman keras dan lainnya. Tetapi juga makanan apalagi di usia pertumbuhan, sampai usia 5 tahun betul-betul membutuhkan keseriusan seorang ibu memperhatikan nutrisi anaknya,” Jelasnya.

Taslim berharap kepada peserta agar mengikuti kegiatan ini, dengan harapan penguatan posyandu dapat mewujudkan anak-anak menjadi anak cerdas, Tangguh dan siap berkompetensi.
Foto : Bupati Morowali dan peserta posyandu

Menutup sambutannya, Bupati menghimbau agar seluruh masyarakat tetap mengikuti petunjuk Kesehatan sesuai protokol covid 19 pada saat pandemik ini. “Tolong disosialisasikan kepada masyarakat bahwa new normal ini adalah kebijakan pemerintah untuk mempertahankan ekonomi masyarakat namun harus tetap mengikuti protokol covid 19,” Tegasnya.

Kegiatan ini, dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Ashar Ma’ruf, Babinsa, Kepala Desa Matansala, Karang Taruna Matansala, Puskesmas Bungku Tengah dan Peserta Posyandu.
(atk)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1803 seconds (10.177#12.26)