Gairahkan UMKM, Jabar Pasang Target Kunjungan 40 Juta Wisatawan Lokal

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:49 WIB
loading...
Gairahkan UMKM, Jabar Pasang Target Kunjungan 40 Juta Wisatawan Lokal
Pemrpov Jabar menggairahkan UMKM dan memasang target kunjungan 40 juta wisatawan lokal.Foto/dok
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat menargetkan kunjungan 40 juta wisatawan lokal ke berbagai objek wisata di Jabar selama 2022 untuk menggairahkan sektor UMKM di tengah upaya pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diaparbud) Jabar, Benny Bachtiar menuturkan, selama libur Lebaran 2022, terjadi lonjakan kunjungan wisatawan lokal pada sejumlah obyek wisata favorit di Jabar.

Baca juga: Misi Dagang Jawa Timur dengan Kepulauan Bangka Belitung Bukukan Transaksi Rp104,5 Miliar

Namun, berdasarkan catatan Diaparbud Jabar seperti di Kabupaten Pangandaran, membludaknya wisatawan belum berpengaruh signifikan pada sektor UMKM di sekitar obyek wisata tersebut. Selain itu, masalah sampah yang membuat obyek wisata menjadi kumuh juga patut menjadi perhatian.

"Idealnya dengan kunjungan wisatawan cukup besar seharusnya berpengaruh positif pada warga sekitar utamanya UMKM," kata Benny dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (JAPRI) di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (24/5/2022).

"Namun ironisnya, sejumlah UMKM menginformasikan, pada liburan panjang Lebaran tahun ini dan hari biasa itu sama saja pengaruhnya terhadap tingkat pendapatan mereka," lanjut Benny.

Menurut Benny, wisatawan lokal yang mengunjungi obyek wisata favorit di Jabar mayoritas membawa bekal dari rumah, sehingga para pedagang makanan di sana terabaikan. Dengan demikian, perlu adanya kebijakan agar wisatawan memanfaatkan kehadiran sektor UMKM di sekitar tempat wisata.

"Ini menjadi pekerjaan rumah besar, bagaimana caranya wisatawan tidak membawa makanan sendiri, tapi membeli di warung sekitar. Namun dengan catatan pemilik warung jangan naikin harga seenaknya, sehingga harus ada standarisasi harga. Hal ini akan diduskusikan dengan Kabupaten/ Kota yang memiliki tempat wisata favorit," papar Benny.

Benny menyebutkan, pada libur Lebaran 2022, rata-rata kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Jabar mencapai 84,7 persen dimana Pantai Pangandaran dan Kebun Raya Bogor menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatwan lokal.

Lebih lanjut Benny mengatakan, pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan lokal ke Jabar dapat mencapai 40 juta wisatawan tahun ini setelah sempat merosot tajam selama dua tahun terakhir akibat pandemi COVID-19.

"Pada 2019 ada 62 juta wisatawan, tahun 2020 turun menjadi 18 juta, kemudian tahun 2021 naik 28 juta, dan tahun 2022 ditargetkan kunjungan wisatawan lokal mencapai 40 juta orang," tegasnya.

Menurutnya, animo wisatawan lokal untuk berwisata di Jabar relatif tinggi saat ini, terutama ke wilayah Jabar Selatan. Kondisi tersebut diharapkan mampu kembali menggairahkan sektor UMKM di tengah upaya pemilihan ekonomi saat ini.

"Seiring penerapan protokol kesehatan, penyelenggara obyek wisata juga diharapkan mengikuti aturan PPKM berdasarkan zonasi yang ada dan pengelola hotel telah memenuhi ketentuan prokes," tandasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6274 seconds (0.1#10.140)