Pimpin Aksi Tanam 10 Juta Pohon di Bali, Menko PMK: Jangan Hanya Seremonial

Selasa, 24 Mei 2022 - 19:22 WIB
loading...
Pimpin Aksi Tanam 10 Juta Pohon di Bali, Menko PMK: Jangan Hanya Seremonial
Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir memimpin aksi nasional penanaman 10 juta pohon dari Bali, Selasa (24/5/2022). Foto: SINDOnews/Miftahul Chusna
A A A
DENPASAR - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy memimpin aksi nasional penanaman 10 juta pohon dari Bali, Selasa (24/5/2022).

Dia pun mewanti gerakan ini jangan hanya seremonial. “Kalau judulnya 10 juta pohon, ya ditanam 10 juta. Jangan 10 juta judulnya, yang ditanam hanya ratusan,” kata Muhadjir di SMP PGRI 3 Denpasar.

Baca juga: Rampok Bos Trading di Bali, 2 Bule Inggris Didakwa 12 Tahun Penjara

Di Bali, aksi ditandai dengan penanaman pohon buah di SMP PGRI 3 Denpasar dan penanaman pohon mangrove di Pantai Mertasari, Sanur.

Muhadjir meminta 34 provinsi yang mengikuti aksi ini secara virtual melaporkan berapa pohon yang ditanam hari ini, jenisnya apa saja dan dimana saja.

Dia menegaskan, setiap daerah menggenapi kuota pohon yang ditanam. Jangan sampai pohon tidak ditanam atau hanya ditanam beberapa pohon saja sebagai simbolis saja. Kemudian dilaporkan ratusan pohon atau ribuan pohon.



Daerah yang kekurangan bibit diminta melapor ke dinas pertanian. "Ini harus jelas. Data, angka, jenis pohon harus sesuai sebab akan dilaporkan kepada Presiden Jokowi," tegas Muhadjir.

Baca juga: Anak Sapi Berkepala Dua Bermata 4 Gegerkan Pringsewu

Dia juga meminta setiap daerah bertanggungjawab memastikan pohon tumbuh dengan baik. "Konsistensi perawatan, pemupukan, penyiangan, untuk memberikan lingkungan dan asupan yang baik bagi pohon bertumbuh," imbuhnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1770 seconds (10.55#12.26)