Rawan Tertular PMK dari Daerah Lain, Pemkot Bandung Vaksin dan Rapid Ternak Kurban

Sabtu, 21 Mei 2022 - 10:15 WIB
loading...
Rawan Tertular PMK dari Daerah Lain, Pemkot Bandung Vaksin dan Rapid Ternak Kurban
Pemerintah Kota Bandung memastikan hingga saat ini belum ditemukan kasus hewan terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Foto SINDOnews
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung memastikan hingga saat ini belum ditemukan kasus hewan terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Namun, untuk mencegah penyebaran dari daerah sekitar, Pemkot Bandung bakal melakukan vaksin dan rapid hewan.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna beserta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung saat meninjau beberapa peternakan hewan. Salah satunya di Jalan Permata Taman Sari XII No. 13 Arcamanik, pada Jumat, 20 Mei 2022.



Melalui hasil pemantauan, dapat dipastikan sampai saat ini belum ada konfirmasi kasus positif PMK pada hewan ternak di Kota Bandung. Namun, Ema menegaskan, jika Pemkot Bandung akan terus melakukan pencegahan penyebaran PMK.

"Di Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Subang itu sudah ditemukan kasusnya. Ibaratnya kita ini jadi terkepung dengan daerah-daerah yang terkonfirmasi aktif PMK . Maka, saat ini kami dan DKPP melakukan pengecekan intensif," ungkap Ema.

Di Kota Bandung tercatat 50 peternak sapi dan 150 peternak domba. Dari 50 peternakan ini, terdapat 980 stok sapi di Kota Bandung. Sedangkan stok domba mencapai 1.118 ekor.

Namun perlu diwaspadai agar hewan-hewan yang masuk dari luar Kota Bandung bisa terpantau aman dari PMK. Oleh karena itu, pada Juni mendatang, rencananya dilakukan vaksinasi pada hewan-hewan ternak, terutama yang akan dikurbankan.

Selain itu, semua hewan ternak yang masuk ke Kota Bandung akan dilakukan rapid tes. Ema mengakui, jika memang hal ini masih terkendala pada anggaran. Solusinya, dirinya ingin mengajak para peternak ikut terlibat dalam membiayai rapid tes tersebut.

"Satu box rapid ini bisa digunakan untuk 50 ekor, harganya Rp5,5 juta. Saya yakin para peternak bisa ikut membantu untuk tes rapid ini demi mencegah PMK terjadi di Kota Bandung. Saya juga akan upayakan dana dari anggaran belanja tak terduga (BTT)," ucapnya.

Di luar itu, Ema mengimbau para peternak untuk menjual stok lama atau existing dulu sampai habis. Setelah itu bisa melakukan penambahan stok hewan yang sudah dijamin aman.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6086 seconds (0.1#10.140)