Wisatawan ke Bandung Barat Meningkat, Sektor Perhotelan dan Kuliner Ikut Bangkit

Kamis, 19 Mei 2022 - 10:36 WIB
loading...
Wisatawan ke Bandung Barat Meningkat, Sektor Perhotelan dan Kuliner Ikut Bangkit
Kunjungan wisatawan ke KBB mengalami peningkatan pada libur lebaran dan long week end kemarin sehingga bisa menjadi momen bangkitnya kembali sektor pariwisata. Foto/Dok.MPI
A A A
BANDUNG BARAT - Pelaku wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) berharap momentum lebaran bisa menjadi titik balik kembali bangkitnya sektor pariwisata.

Sebab kunjungan wisatawan pada saat libur Lebaran yang dilanjutkan long weekend libur Hari Waisak meningkat signifikan. Salah satu faktornya karena ada kelonggaran aturan dari pemerintah.



"Kunjungan wisatawan saat libur Labaran naik, bahkan okupansi kamar tembus 100 persen. Semoga itu jadi tanda bangkitnya lagi sektor pariwisata," kata General Manajer Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) Lembang, Sapto Wahyudi, Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, animo masyarakat untuk berlibur hampir mendekati normal seperti sebelum pandemi. Terlebih wisatawan sekarang tidak terfokus berkunjung ke objek wisata di sekitar Lembang saja tetapi merambah hingga kawasan Cikole.

"Ada juga sejumlah objek wisata baru yang membuat orang penasaran. Jadi itu juga berpengaruh kepada meningkatnya kedatangan wisatawan khususnya ke Lembang," kata dia.

Kabid Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), KBB David Oot menyebutkan, secara keseluruhan kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di KBB terutama Lembang meningkat. Terutama di Lembang yang masih menjadi favorit kunjungan wisatawan dari luar daerah.

"KBB terutama Lembang masih jadi daerah favorit di Jawa Barat untuk di kunjungan wisatawan. Terbukti saat lebaran dan long week end kemarin pengunjung banyak," tuturnya.

Diakuinya dengan banyaknya wisatawan yang datang berdampak kepada sektor lainnya, seperti hotel, penginapan, dan kuliner. Sehingga perekonomian warga terutama di jalur-jalur wisata kembali menggeliat.

"Sekarang tinggal bagaimana melakukan strategi agar sektor pariwisata bangkit seiring dengan kebangkitan ekonomi," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)