Kilang Minyak Balikpapan Disambar Api, 1 Pekerja Tewas Terbakar

Minggu, 15 Mei 2022 - 20:08 WIB
loading...
Kilang Minyak Balikpapan Disambar Api, 1 Pekerja Tewas Terbakar
Kilang minyak Pertamina d Balikpapan disambar api, Minggu (15/5/2022). Sebanyak 6 pekerja kontraktor jadi korban. Seorang di antaranya dilaporkan tewas. Foto/MPI/Mukmin Azis
A A A
BALIKPAPAN - Kilang minyak Pertamina d Balikpapan, Kalimantan Timur kembali disambar api, Minggu (15/5/2022). Sebanyak 6 pekerja kontraktor jadi korban dalam insiden tersebut. Seorang di antaranya dilaporkan tewas.

Peristiwa terbakarnya kilang Balikpapan itu diketahui setelah tampak asap hitam tebal yang membumbung tinggi dari arah dalam area kilang.



“Benar, kejadian sekitar jam 11.00 siang tadi,” kata Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutedjo saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Akibat kejadian itu, lima pekerja harus dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis.

Yusuf menjelaskan, tiga orang dibawa menuju Klinik Panorama sementara dua lagi dirujuk ke Rumah Sakit (RS) Pertamina Balikpapan.

Pasca kejadian, pihak internal melakukan sterilisasi dan penutupan akses menuju area titik munculnya api.



Selanjutnya, Kepolisian beserta tim internal Pertamina Unit Pengolahan V Balikpapan menyelidiki dugaan sumber api dalam insiden tersebut.

“Untuk penyebabnya masih dalam penyelidikan,” ujarnyanya

PT Kilang Pertamina Internasional Balikpapan memastikan satu pekerja yang terjebak dalam insiden kebakaran kilang tersebut meninggal dunia.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Unit Pengolahan V Balikpapan Ely Chandra melalui keterangan tertulis menyampaikan, korban yang gagal dievakuasi saat kejadian tersebut merupakan pekerja kontraktor.

Di samping itu, Kilang Balikpapan menyatakan tiga korban yang merupakan pekerja Pertamina telah mendapat perawatan medis secara optimal di RS Pertamina Balikpapan.

Sementara dua pekerja kontraktor lainnya yang terpapar panas dalam kondisi baik setelah selesai menjalani perawatan di Klinik Pertamina Panorama.

General Manager Kilang Balikpapan Wahyu Sulisyo Wibowo dalam kesempatan itu juga menyampaikan bela sungkawa dan memastikan insiden tersebut menimbulkan keprihatinan mendalam bagi pihaknya.

"Kami akan memastikan penanganan akan dilaksanakan semaksimal mungkin kepada semua korban," ucapnya.

Mengenai detil insiden, Ely membeberkan bahwa api pertama kali muncul di area plant 5 yakni Unit Hydro Skimming Complex. Lokasi tersebut merupakan tempat mengolah bahan baku gasoline.



Kobaran api menurutnya baru berhasil dikendalikan tim pemadam sekitar pukul 11.31 Wita.

“Saat ini tim internal terus melakukan upaya recovery agar segera kembali beroperasi maksimal. Alih suplai sedang disiapkan, berkoordinasi dengan Pertamina Group untuk memastikan tidak adanya gangguan dalam suplai BBM kepada masyarakat,” pungkas Ely.

Untuk memenuhi kebutuhan produksi bahan baku yang dikhawatirkan terdampak kejadian ini, Kilang Balikpapan akan melakukan pengoptimalan stok di tangki dan pengaturan produksi.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3388 seconds (0.1#10.140)