Poltekpar Makassar dan Pemprov Kalimantan Utara Teken MoU Kepariwisataan

Jum'at, 13 Mei 2022 - 10:07 WIB
loading...
Poltekpar Makassar dan Pemprov Kalimantan Utara Teken MoU Kepariwisataan
Poltekpar Makassar dan Pemprov Kalimantan Utara teken MoU guna peningkatan kualitas pariwisata dan kepariwisataan. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menerima kunjungan Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang beserta rombongan, di Kampus Poltekpar, Kamis (12/5/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara yang bertujuan meningkatkan kualitas pariwisata dan kepariwisataan.

Kerjasama itu meliputi pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia (SDM), penelitian, pengabdian kepada masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata dan Kepariwisataan di Provinsi Kalimantan Utara.



Direktur Poltekpar Makassar, Muhammad Arifin menyampaikan, dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi, pihaknya meyakini Gubernur Provinsi Kalimantan Utara tidak salah memilih Poltekpar Makassar untuk dijadikan bagian dari pengembangan SDM.

Baik untuk program reguler maupun tentu pengembangan SDM di bidang Kepariwisataan lainnya. Hampir semua daerah yang berada di Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah menjalin kerjasama dengan Poltekpar Makassar khususnya dalam Menyusun Rancangan Induk Pengembangan Kepariwisataan di daerahnya masing-masing.

"Bahwa pengabdian pada masyarakat Poltekpar Makassar juga melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk mendampingi desa wisata di beberapa daerah," ungkap Arifin.

Selanjutnya Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang, menyampaikan, Kalimantan Utara memiliki potensi pariwisata, dimana potensi alamnya yang cukup banyak yang ada di setiap kabupaten/kota dapat menjadi objek wisata.

Dia melanjutkan, potensi tersebut harus dikelola oleh SDM yang berkompetensi. Maka dari itu, SDM yang mumpuni dan memiliki kemampuan untuk mengelola harus disiapkan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)