Gunung Awu Naik Jadi Siaga! Ini Karakteristik saat Meletus

Kamis, 12 Mei 2022 - 14:54 WIB
loading...
Gunung Awu Naik Jadi Siaga! Ini Karakteristik saat Meletus
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menaikkan status Gunung Awu dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga). Foto/Ist
A A A
KEPULAUAN SANGIHE - Gunung Awu di Pulau Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara terus menunjukkan peningkatan aktivitas. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menaikkan status Gunung Awu dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga) mulai pukul 24.00, Rabu (11/5/2022).

Kenaikan Level Gunung Awu ini seiring meningkatnya aktivitas Gunung Awu dalam beberapa hari terakhir. Gunung Awu memiliki beberapa karakteristik jika terjadi bencana.



Potensi bahaya lain berupa emisi gas gunungapi seperti CO, CO2, H2S, N2 dan CH4. Gas-gas tersebut dapat membahayakan jiwa jika konsentrasi yang terhirup melebihi nilai ambang batas aman.



Sedangkan potensi bahaya sekunder jika erupsi telah terjadi berupa aliran lahar yang berasal dari material piroklastik yang jatuh di bagian lereng dan terbawa air hujan mengikuti alur-alur sungai yang berhulu dari Gunung Awu.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9115 seconds (0.1#10.140)